Pengertian Tentang IELTS

Pengertian Tentang IELTS Dan Ketentuan Mengikuti Tes

Pengertian tentang IELTS (International English Language Testing System) adalah sistem uji yang dirancang untuk menganalisa kemampuan bahasa Inggris seseorang yang ingin bekerja atau belajar disuatu negara yang alat komunikasinya menggunakan bahasa inggris.

Ada 4 hal jenis keahlian bahasa yang diuji oleh IELTS, yaitu:

  1. Listening
  2. Reading
  3. Writing
  4. Speaking

Pelaksanaan Tes IELTS

Tes IELTS biasanya diselenggarakan di berbagai test centre di seluruh dunia. Keterangan lebih lengkap mengenai test centre ini terdapat di laman resmi IELTS. Situs tersebut telah dipercaya oleh berbagai media.

Kunjungi website tersebut untuk memperoleh segala informasi Pengertian Tentang IELTS di test centre terdekat. Dengan berada langsung dilokasinya, kamu bisa mendapatkan informasi tentang: biaya tes, jadwal tes, pengumuman hasil tes, dan apa saja yang menjadi hak Kamu sebagai peserta tes.

Persiapan Sebelum Tes IELTS

Kamu harus tiba di lokasi 15 menit sebelum tes dimulai, lalu menunjukkan kartu identitas kamu kepada petugas. Kartu identitas tidak boleh berbeda dari prosedur pada saat kamu mendapatkan kartu identitas tersebut. Saat ujian dimulai kamu tidak diperbolehkan untuk meminjam alat tulis kepada peserta ujian lainnya. Untuk antisipasi, kamu bawalah lebih dari satu alat tulis untuk berjaga-jaga dalam mengikuti ujian.

Diruangan tes, sudah ditentukan tempat duduk kamu sesuai nomor urutan peserta ujian IELTS. Kamu akan duduk diruangan tersebut selama tes Listening, Reading dan Writing selesai. Selama proses ujian kamu akan mendapatkan lembar jawaban (answer sheet) untuk menulis jawaban.

Didalam ujian kamu diperbolehkan membuat catatan dilembar pertanyaan (question answer), tapi ada hal kamu tidak diperbolehkan membawa catatan tersebut keluar dari ruangan ujian kamu berlangsung.

Selain tes listening, reading & writing, Tes Speaking dilaksanakan pada waktu yang berbeda. Selama tes ini berlangsung, akan ada rekaman.

Baca juga: Penjelasan Dan Ketentuan Dalam Mengikuti Tes TOEFL

IELTS: Academic & General Training

IELTS tersedia dalam dua format: Academic dan General Training.

  1. IELTS Academic ditujukan bagi seorang yang ingin kuliah di tingkat undergraduate atau postgraduate yang proses pembelajarannya menggunakan bahasa inggris.
  2. IELTS General Training diperuntukkan bagi seorang yang ingin bekerja, bermigrasi, atau mengikuti pelatihan nongelar di negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai alat komunikasi.

Perbedaan materi ini tidaklah terlalu jauh, bedanya hanya di Reading dan Writing. Sementara lainnya, seperti: Listening dan Speaking materinya sama. Kamu perlu mengetahui nateri yang kamu butuhkan karena test centre tidak berkewajiban memberikan informasi tentang ini. Selain itu, tidak semua test centre menyelenggarakan tes untuk general training.

Materi Tes

Pengertian Tentang IELTS

Materi yang diujikan adalah Listening, Reading, Writing dan Speaking. Tiga materi pertama, yaitu: Listening, Reading & Writing akan dilaksanakan dan selesai pada hari itu juga dan tidak ada jeda waktu / istirahat dalam pergantian materi.

Untuk Speaking, tes bisa dilakukan dalam periode tujuh hari setelah atau sebelum tiga materi pertama, bergantung pada test centre yang bersangkutan. Ada pula test centre yang melaksanakan tes Speaking pada hari yang sama dengan Listening, Reading dan Writing.

Hasil Tes

Kamu akan menerima Test Report Form yang menunjukkan skor untuk empat keahlian yang diuji (Listening, Reading, Writing & Speaking), sekaligus skor (band) secara keseluruhan.

Skala 9 Band IELTS

NUMBERLEVELINFORMATION
1Non UserTidak memiliki kemampuan menggunakan bahasa Inggris. Hanya bisa menggunakan beberapa kata secara acak.
2Intermittent UserSangat kesulitan memahami bahasa Inggris baik secara lisan dan Tertulis.
3Extremely Limited UserHanya bisa memahami dan menyampaikan makna umum dalam situasi yang sangat familiar.
4Limited UserKompetensi yang mendasar hanya terbatas pada situasi yang familiar. Sering mengalami masalah dalam memahami dan mengekspresikan informasi atau ide.
5Modest UserTelah menguasai sebagian kemampuan bahasa Inggris. Memahami makna yang bersifat umum dalam berbagai situasi.
6Competent UserSecara umum telah efektif menguasai kemampuan bahasa Inggris meskipun sering terjadi ketidaksesuaian. Bisa memahami dan menggunakan bahasa yang kompleks.
7Good UserTelah menguasai kemampuan berbahasa Inggris, hanya kadang terjadi ketidaksesuaian.
8Very Good UserTelah sepenuhnya menguasai kemampuan berbahasa Inggris. Hanya kadang terjadi ketidaksesuaian atau ketidaktepatan. Kadang terjadi ketidakpahaman dalam situasi yang asing.
9Expert UserTelah sepenuhnya mengerti dan menguasai kemampuan berbahasa Inggris. Mampu menggunakannya secara sesuai, tepat, lancar dan dengan pemahaman yang penuh.

Untuk mendapatkan hasilnya, informasinya akan diumumkan 13 hari setelah tes. Di beberapa test centre selain lokasi ujian, peserta bisa mengambil hasil tes, tetapi biasanya hasil tes dikirimkan lewat pos pada hari ke-13. Test Centre tidak diizinkan memberikan hasil tes peserta melalui telepon ataupun email dan faks.

Peserta hanya akan menerima satu lebar Test Report Form. Peserta tidak bisa lagi meminta lembar hasil tes jika peserta menghilangkan lembar tes tersebut. Test Report Form dapat digunakan / valid hingga 2 tahun setelah dipublikasikan.

Tinggalkan Balasan