Cara Memasukkan Data SQL Developer Pada JTable Netbeans

Cara Memasukkan Data SQL Developer Pada JTable Netbeans

Cara Memasukkan Data SQL Developer Pada JTable Netbeans – Halo teman-teman, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana sih cara memasukkan data dari SQL Developer ke Netbeans? Caranya cukup mudah kok teman-teman, hal yang perlu kalian kuasai adalah query pemanggilan database dan juga kelas koneksi. Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya, yaitu artikel Cara Membuat Class Koneksi Netbeans ke Database SQL Developer (Oracle)”.  Oleh karena itu, sebelum kita dapat memasukkan data SQL Developer ke Netbeans, pertama-pertama kita harus membuat class koneksinya terlebih dahulu. Jika kalian belum membuat class tersebut, kalian dapat membukanya pada artikel sebelumnya. Oke tanpa basa-basi lagi berikut adalah langkah-langkah untuk memasukkan data SQL Developer ke dalam JTable Netbeans.

1. Membuat JTable Form

JTable merupakan salah satu tools yang disediakan oleh Netbeans yang berfungsi untuk membantu kita dalam mengolah data dengan mudah. Data yang terdapat pada JTable akan ditempatkan pada kolom dan baris sehingga dapat mempermudah kita dalam mengolah data tersebut. Mengapa JTable? Karena JTable dapat memuat banyak data dengan baik dan efisien. JTable juga digunakan karena data yang dipanggil pada SQL Developer berbentuk tabel, sehingga jumlah baris dan kolomnya pun harus disamakan. Untuk membuat JTable pada Form, kalian hanya perlu memilih tools “Table” pada jendela properties dalam kelompok Swing Control. Pembuatan JTable pun tidak boleh asal, kalian harus menyamakan jumlah field-nya seperti pada tabel yang ada pada database SQL Developer kalian. Berikut adalah contoh tampilan JTable pada form saya :

Cara Memasukkan Data SQL Developer Pada JTable Netbeans

Setelah membuat JTable nya, jangan lupa untuk memberikan variable name-nya. Cara untuk memberi variable name cukup mudah, kalian hanya perlu klik kanan pada JTable kalian kemudian pilih change variable name. Berikut adalah contoh tampilannya :

Cara Memasukkan Data SQL Developer Pada JTable Netbeans

Cara Memasukkan Data SQL Developer Pada JTable Netbeans

2. Mengimport Java Library

Langkah selanjutnya adalah mengimport java library pada JFrame Form yang telah kalian buat. Tentunya tempatkan pada JFrame Form yang telah memiliki JTable yah teman-teman, karena harus pada JFrame Form yang sama. Berikut adalah contoh koding untuk mengimport java library yang dibutuhkan :

3. Membuat Attribute dan Method Pemanggilan Data

Attribute yang kita buat merupakan attribute panggilan dari class Koneksi yang telah kita buat kemarin. Jika kalian belum membuatnya, kalian dapat melihat contoh kodingnya pada artikel sebelumnya.

Baca juga : Cara Membuat Class Koneksi Netbeans ke Database SQL Developer (Oracle)

Berikut adalah contoh kodingnya :

Contoh koding diatas adalah koding yang saya gunakan untuk memanggil tabel barang yang telah saya buat pada database SQL Developer. Oleh karena itu, untuk judul field dan jumlah baris pada koding diatas sesuaikan dengan tabel yang kalian buat pada database SQL Developer kalian. Untuk lebih jelas, kalian dapat melihat video tutorialnya di bawah artikel ini atau kalian dapat mengunjungi channel youtube bierpinter.

4. Menambahkan JDK Pada Library

Untuk dapat memanggil data pada aplikasi yang berbeda, kita harus menambahkan beberapa JDK pada library projek kita. JDK ini lah yang akan membantu projek kita untuk dapat mengakses data pada aplikasi lain. Caranya mudah kok, kalian hanya perlu klik kanan pada library kalian, dan pilih “Add JAR/Folder”. Berikut adalah contoh tampilannya :

Cara Memasukkan Data SQL Developer Pada JTable Netbeans

Kalian dapat menambahkan dua buah .JAR pada library kalian. Yaitu ojdbc6.jar dan rs2xml.jar. Kalian dapat mendownloadnya disini : ojdbc6.jar dan rs2xml.jar . Setelah kalian mendownloadnya, kalian dapat memasukkannya pada library projek kalian masing-masing.

Berikut adalah contoh data yang telah saya buat pada database SQL Developer :

Cara Memasukkan Data SQL Developer Pada JTable Netbeans

Oke teman-teman, itulah langkah-langkah untuk memasukkan data SQL Developer pada JTable Netbeans. Mudah bukan? Sekarang kalian dapat mengakses database SQL Developer pada aplikasi Netbeans kalian. Tapi sebelumnya, jangan lupa untuk membuat tabel pada SQL Developernya terlebih dahulu yah teman-teman…. Sekian dari saya Salam IT ^_^

 

Tinggalkan Balasan