Tombol Next, Previous, First, dan Last

Cara Membuat Tombol Next, Previous, First dan Last pada Netbeans (Versi 1)

Cara Membuat Tombol Next, Previous, First, Last pada Netbeans – Tahukah kalian? Bahwa kita juga dapat membuat tombol next, previous, first, dan last pada Netbeans. Tombol-tombol tersebut biasanya kita gunakan untuk melakukan transisi data baik pada tabel maupun tools lainnya. Oke teman-teman, berikut adalah langkah-langkah untuk membuat tombol next, previous, first dan last pada netbeans :

1. Siapkan 4 Button pada JFrame Kalian

Karena kita ingin membuat tombol next, previous, first dan last pada netbeans, maka kita memerlukan tools Button untuk membuatnya. Tools button ini berfungsi untuk menjalankan suatu command (perintah) yang akan dijalankan oleh program kita apabila button tersebut diklik atau dipilih oleh user. Kalian dapat menamai ke empat button tersebut dengan Next, Previous, First, dan Last. Berikut adalah contoh tampilan button yang telah saya buat :

Cara Membuat Tombol Next, Previous, First dan Last pada Netbeans

Dari gambar diatas, saya telah menyiapkan suatu tabel yang telah diisi dengan database SQL Developer. Sehingga kita dapat menggunakan data tersebut untuk dapat melakukan transisi data, seperti next, previous, first, dan last. Jika kalian ingin melakukan transisi ini, kalian juga memerlukan suatu tabel yang telah diisi oleh data seperti yang saya buat.

Baca juga : Cara Memasukkan Data SQL Developer Pada JTable Netbeans

2. Koding Untuk Tombol Next, Previous, First dan Last

Langkah selanjutnya adalah memasukkan koding atau perintah pada button kita. Perintah ini lah yang akan membuat data dapat melakukan transisi (perpindahan). Berikut adalah contoh kodingnya :

Setelah kalian telah membuat koding diatas, kalian dapat menjalankan program kalian sekarang. Oh ia teman-teman, button ini dapat bekerja apabila kalian menyorot atau memilih data yang ada di tabel terlebih dahulu. Karena apabila tidak ada data yang disorot atau di pilih, perintah dari button tersebut akan binggung dan terjadi error.

Oke teman-teman, itu adalah bagaimana cara untuk dapat membuat tombol Next, Previous, First dan Last pada Netbeans. Mudah kan teman-teman? Tombol-tombol berguna untuk memudahkan kita dalam memilih data pada suatu tabel. Sekian dari saya… Salam IT ^_^

Baca juga : Cara Membuat Tombol Next, Previous, First dan Last pada Netbeans (Versi 2)

Tinggalkan Balasan