Cara Membuat JInternalFrame Pada Netbeans

Cara Membuat JInternalFrame pada Netbeans

Cara Membuat JInternalFrame pada Netbeans – Halo sobat sekalian, pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana Cara Membuat JInternalFrame pada Netbeans. Sebelumnya, apasih JInternalFrame itu? JInternalFrame merupakan suatu jendela internal yang akan muncul pada frame kita saat program aplikasi Netbeans kita dijalankan. JInternalFrame ini sangat unik dan menarik, karena perannya seperti layar penampilan baru pada JFrame Form yang berbeda. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat JInternalFrame pada program Netbeans kalian.

1. Membuat JInternalFrame dan JFrame Form Terlebih Dahulu

Kalian dapat membuat JFrame Form pada projek aplikasi Netbeans kalian. Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu mengklik kanan pada projek kalian, kemudian pilih New JFrame Form. Berikut adalah contoh tampilannya :

Cara Membuat JInternalFrame pada Netbeans

Untuk membuat JInternalFrame, caranya hampir sama seperti membuat JFrame Form sebelumnya, kalian hanya perlu mengklik kanan pada projek kalian, kemudian pilih New – JInternalFrame. Namun apabila tidak ada pilihan JInternalFrame, kalian dapat memilihnya pada Other. Berikut adalah contoh tampilannya :

Cara membuat JInternal Frame Membuat JInternal Frame

2. Masukkan Desktop Pane pada JFrame Form Kalian

Setelah membuat JFrame Form dan JInternalFrame, langkah selanjutnya adalah memasukkan tools Desktop Pane pada JFrame Form kalian. Kalian dapat menemukan tools ini pada jendela Swing Containers – Desktop Pane. Berikut adalah contoh tampilannya :

Lokasi Tools Desktop Pane

Tampilan dari tools Desktop Pane ini berbentuk kotak dengan latar belakang berwarna hitam, seperti jendela layar. Desktop Pane pun memiliki fungsi seperti layaknya layar, yaitu untuk memunculkan jendala JInternalFrame pada JFrame Form kalian. Sehingga apabila program aplikasi ini dijalankan, maka akan secara otomatis memunculkan JInternalFrame pada layar kalian (Desktop Pane). Berikut adalah contoh tampilan dari tools Desktop Pane :

Contoh Desktop Pane

3. Masukkan Internal Frame pada JInternalFrame Kalian

Langkah selanjutnya dalah menambahkan tools Internal Frame pada JInternalFrame kalian. Kalian dapat menemukan tools ini pada jendela Swing Containers – Internal Frame. Berikut adalah contoh tampilannya :

Lokasi tools Internal Frame

Fungsi dari Internal Frame ini sendiri berfungsi untuk Frame tampilan yang akan muncul pada Desktop Pane yang ada pada JFrame Form kalian. Internal Frame ini hanya akan berfungsi apabila menggunakan JInternalFrame, bukan JFrame Form. Berikut adalah contoh tampilan pada JInternalFrame yang telah saya bikin :

Contoh tampilan Internal Frame

4. Membuat Koding Pemanggilan untuk Internal Frame

Langkah terakhir adalah membuat koding pemanggilan untuk Internal Framenya. Kalian dapat menempatkan koding ini pada JFrame Form kalian. Koding ini berfungsi untuk memunculkan tools Internal Frame ke dalam Desktop Pane yang telah kalian siapkan sebelumnya. Berikut adalah contoh kodingnya :

Keterangan : Rumus perhitungan dapat kalian atur sendiri, tergantung pada kasus dan perhitungan yang akan kalian buat. Contoh koding di atas merupakan contoh untuk dapat menampilkan datanya saja. Berikut adalah contoh tampilan program yang telah kita buat :

Contoh tampilan program JInternal Frame pada Netbeans

Berikut adalah contoh video tutorial yang saya sediakan untuk membuat JInternalFrame ini :

Oke teman-teman, itulah beberapa langkah untuk membuat JInternalFrame pada program Netbeans kalian. Bagaiman teman-teman, menarik bukan? JInternalFrame ini menggunakan beberapa tools istimewa seperti Desktop Pane dan Internal Frame yang berada pada jendela Swing Containers. Kedua tools ini sangatlah dibutuhkan dalam pembuatan JInternalFrame pada Netbeans kita. Sekian dari saya… Salam IT ^_^

Baca juga : Cara Membuat Tombol Searching di Java Netbeans

 

Tinggalkan Balasan