Cara Membuat Class Koneksi Netbeans ke Database SQL Developer (Oracle)

Cara Membuat Class Koneksi Netbeans ke Database SQL Developer ( Oracle )

Cara Membuat Class Koneksi Netbeans ke Database SQL Developer ( Oracle ) – Halo teman-teman sekalian? Masih rajinkan untuk belajar Netbeans? Tentunya harus rajin yah… Pada artikel kali ini, saya akan memberikan fitur baru di dalam Netbeans. Yaitu fitur untuk menghubungkan Netbeans dengan aplikasi Database. Aplikasi Database yang saya akan gunakan pada kesempatan kali ini adalah Database SQL Developer. Fitur ini biasanya digunakan untuk menginput data yang banyak sehingga kita memerlukan aplikasi Database yang lain. Secara tidak langsung pun, kita dapat mengakses data yang ada di Database dengan melalui aplikasi Netbeans. Keren bukan? Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat class koneksi pada projek anda :

1. Membuat Class Koneksi

Cara Membuat Class Koneksi Netbeans ke Database SQL Developer ( Oracle )

Gambar diatas adalah tampilan untuk membuat class baru pada projek kalian. Buatlah satu class yang bernama “Koneksi” untuk menghubungkan koneksi antara Netbeans dengan Database SQL Developer.

2. Membuat Attribute untuk Class Koneksi

Tujuan dari pembuatan class ini sendiri memiliki arti loh teman-teman. Dengan adanya class koneksi, kita dapat secara leluasa untuk melakukan koneksi dan memutuskannya kembali. Membuat class koneksi juga berfungsi untuk mempermudah pemanggilan method koneksi itu sendiri, sehingga pemanggilan method tersebut dapat dipanggil dari class mana pun. Oke, langsung saja pada contoh kodingnya. Berikut adalah contoh koding untuk membuat attribute class koneksi :

Untuk attribute username dan password, tolong samakan dengan username dan password yang telah kalian bikin sebelumnya di SQL Developer. Atau kalian bisa memasukkan username baru yang telah kalian buat. Usahakan menggunakan username yang telah memiliki cukup banyak tabel, karena kita akan menggunakan beberapa tabel tersebut.

Baca juga : Cara Membuat Username pada SQL Developer (Oracle)

3. Mengimport Java Library pada Class Koneksi

Jangan lupa juga untuk meng-import java library yang disediakan oleh Netbeans. Java Connection, DriverManager, Statement, dan lainnya sangatlah berperan penting dalam pembuatan koneksi antara Netbeans dengan SQL Developer. Dengan mengimport java Library ini, secara otomatis class koneksi kalian akan memanggil method koneksi yang telah disediakan oleh Netbeans.

4. Membuat Method-Method pada Class Koneksi

Kenapa kita buat method untuk membuka dan menutup koneksi? Alasannya karena jika kita telah membuka koneksi dan selesai mengambil datanya harus segera di tutup kembali koneksi tersebut. Hal ini sangatlah penting karena mempengaruhi pada efisiensi pembagian data. Data yang terhambat dapat membuat loading komputer kalian juga lambat. Oleh karena itu, setiap kita mengambil suatu data dari aplikasi lain, kita harus segera menutupnya kembali walaupun kita hanya mengambil sedikit data saja.

Oke, itu adalah cara-cara untuk membuat class koneksi Netbeans ke Database SQL Developer. Setelah kita membuat class koneksi ini, secara otomatis Netbeans kalian akan terhubung dengan Database SQL Developer. Namun untuk dapat mengambil datanya, masih perlu class-class yang lain untuk memanggilnya. JDK pemanggil datanya pun harus di importkan kedalam Libraries di project kalian. Untuk cara mengambil data dari Database SQL Developer ke Netbeans , silahkan kunjungi artikel selanjutnya. Salam IT ^_^

Baca juga : Cara Memasukkan Data SQL Developer Pada JTable Netbeans

Tinggalkan Balasan