Cara Membuat Multi Form Pada Netbeans

Cara Membuat Multi Form pada Netbeans

      Tak ada komentar pada Cara Membuat Multi Form pada Netbeans

Cara Membuat Multi Form pada Netbeans – Hallo teman-teman, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai Cara Membuat Multi Form pada Netbeans. Tahu kah kalian, bahwa pada JFrame Netbeans kita dapat mengakses begitu banyak Form? Tentunya bisa yah teman-teman, karena sering kali kita membutuhkan data pada form yang berbeda. Oke teman-teman tanpa basa basi lagi, berikut adalah langkah-langkah untuk membuat Multi Form pada Netbeans :

1. Membuat Multi Form (Dua atau Lebih JFrame Form)

Tentunya untuk dapat mengakses form lain, kita perlu memiliki setidaknya dua form. Kalian dapat membuat dua atau lebih JFrame Form pada projek kalian. Kalian dapat membuatnya dengan seperti biasa, yaitu dengan cara klik kanan pada source packages kalian. Kemudian pilih NewJFrame Form. Setelah kalian membuat dua atau lebih JFrame Form, lengkapilah tampilan JFrame Form kalian masing-masing dengan tools yang ada didalam Netbeans. Berikut adalah contoh tampilan JFrame Form saya :

Cara Membuat Multi Form pada Netbeans Contoh Tampilang Output

Baca juga : Cara Membuat Validasi Input Angka dan Huruf pada Textfield Java

2. Merubah Variable Modifiers

Untuk dapat mengakses data pada JFrame Form yang berbeda, kita harus merubah terlebih dahulu variable modifiers pada form yang kita tuju. Contohnya, saya memiliki 2 JFrame Form. 1 Input dan 1 Output. Saya akan mengakses JFrame Form yang Output untuk dapat menghitungnya sekaligus di JFrame Form pertama. Oleh karena itu, kita harus merubah variable modifiernya menjadi public pada setiap tools yang kalian targetkan. Pada kasus ini, saya menggunakan Textfield. Caranya mudah, kalian hanya perlu mengklik kanan pada Textfield, kemudian pilih properties. Lalu, pilih Code dan kalian dapat merubah variable modifiernya menjadi public. Berikut adalah contoh tampilannya :

Variable Modifier

 

Kalian dapat merubah variable modifiernya pada semua tools yang kalian perlukan. Pada gambar diatas, saya merubah semua variable modifier pada Textfield yang ada di JFrame Output menjadi public semua.

3. Menginsialisasi JFrame Lain

Setelah kita merubah variable modifier pada tools kita. Langkah selanjutnya adalah menginisialisasi JFrame tersebut pada JFrame yang akan kita gunakan. Menginisialisasi adalah suatu proses dimana kita memanggil atau menginstall objek lain (seperti : Java Class, JFrame Form, Empty File, dll) pada suatu objek tertentu. Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu menuliskan koding dibawah ini di bawah public class. Berikut adalah contoh kodingnya :

Lokasi Koding

 

4. Mengakses Data pada JFrame Lain

Setelah langkah-langkah sebelumnya dilakukan, kini kita dapat mengakses data pada JFrame lainnya. Keuntungan sendiri dari mengakses data pada JFrame lain adalah untuk memudahkan developer dalam mengeksekusi data walaupun letak data yang berbeda. Maka dari itulah munculah Multi Form ini. Cara untuk mengaksesnya sangatlah mudah. Kalian hanya perlu menuliskan variable inisialisasi JFrame tersebut beserta dengan variable name pada Textfield yang kalian inginkan. Berikut adalah contoh kodingnya :

Contoh tampilan Koding

5. Tampilan Input dan Output JFrame Form Saya

Semua langkah-langkah pembuatan Multi Form telah selesai. Kalian dapat menjalankan projek kalian. Setelah kalian mengakses datanya, kalian akan merasakan bagaimana keefektif-an dari membuat Multi Form ini. Berikut adalah tampilan Input dan Output pada JFrame Form yang telah saya buat :

Tampilan Input dan Output

Mudahkan teman-teman? Multi Form ini sangat berguna loh bagi para developer untuk mempermudah mereka dalam mengakses data. Pengaksesan data ini sangatlah efisien karena hanya memerlukan beberapa koding pemanggilan untuk dapat mengaksesnya. Apalagi bila program yang kalian buat sangatlah membutuhkan banyak JFrame Form. Kalian pasti akan kesulitan dalam mengakses data tersebut. Sekian dari saya… Salam IT ^_^

Baca juga : Cara Membuat Sequence Code pada Netbeans

Tinggalkan Balasan