Membuat Sequence Code

Cara Membuat Sequence Code pada Netbeans

      Tak ada komentar pada Cara Membuat Sequence Code pada Netbeans

Cara Membuat Sequence Code pada Netbeans – Banyak sekali orang-orang bertanya.. Bagaimana sih Cara Membuat Sequence Code pada Netbeans? Pertama apasih sebenarnya Sequence Code itu? Sequence Code adalah sebuah koding yang memberikan format kode otomatis secara berurutan sehingga developer tidak perlu melakukan banyak penginputan. Sehingga banyak sekali developer yang menggunakan Sequence Code ini. Namun, pembuatan Sequence Code itu sangatlah rumit dan membinggungkan. Karena banyak sekali kemungkinan format code yang mungkin akan terjadi.

1. Contoh Sequence Code

Di dalam sebuah pemrograman, banyak sekali format Sequence Code yang ditawarkan. Tergantung pada developer yang membuat program aplikasi tersebut. Disini saya akan memperlihatkan contoh Sequence Code yang saya gunakan. Berikut adalah tampilan data yang saya miliki :

Cara Membuat Sequence Code pada Netbeans

Jika saya melakukan Insert data, maka akan secara otomatis akan memberikan nomor Kode Salesman yang selanjutnya (tanpa perlu diinput kembali). Berikut adalah tampilan Form Insert pada program saya :

Cara Membuat Sequence Code pada NetbeansApabila saya menghapus salah satu datanya, maka akan secara otomatis menambahkan nomor Kode Salesman yang kurang tersebut. Berikut adalah contoh tampilannya :

Cara Membuat Sequence Code pada Netbeans

 

Cara Membuat Sequence Code pada Netbeans

Pada kasus ini, saya menghapus data ke-8 dan ke-12. Lihatlah, waktu kita ingin meng-insert atau menambahkan data baru, maka Kode Salesman yang ditawarkan adalah K0008 yang artinya data nomor karyawan yang ke-8. Sequence Code yang saya gunakan ini, adalah Sequence Code yang berfungsi untuk menginput otomatis. Walaupun ada data di tengah yang terhapus, maka Sequence Code tersebut akan memeriksa keseluruhan data yang ada dan yang hilang. Sehingga Sequence Code untuk nomor Kode Salesman akan menawarkan nomor K0008, bukan K0012. Karena sesuai urutan nomor secara ascending.

2. Cara Membuat Sequence Code

Untuk kodingnya, kalian harus melakukan banyak sekali perubahan pada program kalian. Yang pertama, kalian harus menambahkan suatu variable untuk menjumlahkan seluruh isi data pada tabel. Pada kali ini, saya menggunakan database SQL Developer untuk data tabel saya. Sehingga saya menambahkan variable nya pada method pemanggilan data. Berikut adalah contoh tampilannya :
Cara Membuat Sequence Code pada Netbeans

Kemudian, membuat format code pada Form InsertSalesman untuk menginput otomatis Kode Salesman. Berikut adalah contoh kodingnya pada Form InsertSalesman :

Cara Membuat Sequence Code pada Netbeans

Kotak merah yang saya buat adalah contoh coding yang harus kalian tambahkan pada method kalian. Hal yang harus diperhatikan adalah, penempatan koding pada form yang berbeda. Lihatlah baik-baik FRM_SALESMAN dan FRM_INSERTSALESMAN pada gambar diatas. Kalian juga dapat merubah nomor Kode Salesman tersebut sesuai dengan keinginan kalian.

Oke teman-teman, itulah contoh Sequence Code yang telah saya buat kali ini. Cukup Sulitkan? Memang benar sulit, namun jika kalian mengerti dan paham atas seluruh koding tersebut, kalian dapat membuat Sequence Code kalian sendiri. So, tetap semangat yah teman-teman… Salam IT ^_^

Tinggalkan Balasan