Cara Membuat Tabs pada Netbeans (Java)

      Tak ada komentar pada Cara Membuat Tabs pada Netbeans (Java)

Cara Membuat Tabs pada Netbeans (Java) – Halo teman-teman sekalian, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana Cara Membuat Tabs pada Netbeans. Apa sih Tabs itu? Tabs adalah salah satu fitur navigasi yang sering sekali digunakan oleh developer untuk membantu pada user atau pengguna dalam menggunakan program tersebut. Tabs ini biasanya terletak pada navbar dalam suatu website, namun tidak semuanya terdapat didalam navbar yah teman-teman. Tergantung pada developer yang mengembangkan aplikasi tersebut. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat Tabs pada Netbeans :

Cara Membuat Tabs pada Netbeans

1. Siapkan 1 buah JFrame Form

Langkah pertama adalah membuat JFrame Form terlebih dahulu. Kalian dapat mulai membuatnya dengan cara klik kanan pada projek kalian. Kemudian pilih New JFrame Form. Berikut adalah contoh tampilannya :

New JFrame Form

Setelah membuat JFrame Form tersebut, jangan lupa untuk memanggil class JFrame tersebut pada main class kalian yah. Untuk memanggil class JFrame tersebut, kalian dapat memasukkan contoh koding ini :

2. Siapkan Tabbed Pane

Langkah selanjutnya adalah membuat Tabbed Pane. Apasih Tabbed Pane itu? Tabbed Pane merupakan salah satu tools untuk membuat Tab di dalam program aplikasi Netbeans. Dengan adanya Tabbed Pane, kita dapat membuat beberapa tabs pada JFrame Form kita dengan bantuan Panel. Kalian dapat menemukan tools Tabbed Pane ini pada jendela Palette pada kelompok Swing Containers. Berikut adalah contoh tampilan tools Tabbed Pane pada projek saya :

Tabbed Pane

3. Masukkan Beberapa Panel pada Tabbed Pane Sebelumnya

Untuk membuat Tabs pada Netbeans, kita perlu memasukkan tools Panel pada Tabbed Pane kita. Panel ini berfungsi layaknya seperti form baru, dimana kita dapat membuat banyak form pada satu pane yang sama, yaitu Tabbed Pane. Kalian dapat menemukan tools Panel ini pada jendela Palette, yaitu pada kelompok Swing Containers. Untuk membuat tabs, kalian hanya perlu meng-drag tools Panel kedalam Tabbed Pane kalian. Jika berhasil, maka akan muncul suatu tab baru pada Tabbed Pane kalian. Berikut adalah contoh tampilannya :

Tabbed Panned with Panel

Sedangkan untuk merubah nama tab-nya, kalian dapat merubahnya dengan cara klik kanan pada jPanel kalian. Kemudian pilih properties, lalu pilih “Tab Tittle“. Berikut adalah contoh tampilannya :

Rename Tabs

Oke teman-teman, bagaimana? Menarik bukan? Kalian dapat memasukkan fitur Tabs itu pada program aplikasi Netbeans kalian. Fitur tabs ini berfungsi untuk mempermudah dalam penggantian form dalam satu JFrame yang sama. Sehingga tidak perlu melakukan perpindahan JFrame Form. Sekian dari saya… Salam IT ^_^

Baca juga : Cara Membuat Tombol Next, Previous, First dan Last pada Netbeans

Tinggalkan Balasan