Cara Membuat Text Bergerak Pada Netbeans

Cara Membuat Text Bergerak pada Netbeans

Cara Membuat Text Bergerak pada Netbeans – Halo sobat sekalian. Banyak sekali orang-orang menanyakan bagaimana sih cara menggerakkan tulisan pada Netbeans?  Sebenarnya caranya cukup mudah kok teman-teman. Pada artikel ini saya akan membahasnya dan memberikan contoh kodingnya. Oke, tanpa basa-basi lagi. Berikut adalah langkah-langkah membuat text bergerak pada Netbeans :

1. Siapakan 1 buah Panel Pada JFrame Kalian

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah, siapkan 1 buah tools JPanel. Tools panel ini berfungsi untuk media yang akan dilalui oleh text kita. Cara membuat tools panel ini mudah kok teman-teman, kalian dapat menemukan tools ini didalam jendela Pallete pada kelompok Swing Containers. Berikut adalah contoh tampilannya :

Lokasi tools Panel

2. Siapkan 1 buah Label di dalam Panel Kalian

Selanjutnya, masukkan lah satu buah tools JLabel pada panel kalian. Label ini berfungsi untuk menuliskan tulisan-tulisan (text) yang ingin kalian buat. Label inilah yang akan berjalan nantinya pada program kalian. Tempatkanlah label kalian di dalam panel kalian, karena panel ini berfungsi untuk lintasan gerak dari text tersebut. Berikut adalah contoh tampilannya :

Label di dalam Panel

3. Membuat Implements Runnable pada Class JFrame Form Kalian

Kalian dapat meng-implements kan JFrame Form kalian terhadap class abstrak Runnable. Langkah ini berfungsi untuk dapat mengakses method yang berada pada class abstrak. Caranya mudah kok, kalian hanya perlu menuliskan implements Runnable di akhir javax.swing.JFrame kalian. Sehingga tampilannya akan seperti ini :

Implements Runnable

Apabila error, kalian dapat mengimplements semua method pada class abstrak dengan cara mengklik tanda seru merah yang ada pada koding kalian. Kalian hanya perlu mengklik implements all abstract methods  pada error kalian dan secara otomatis akan mengimplements semua method pada class abstrack kalian. Berikut adalah contoh tampilannya :

Implements All Abstract Methods

4. Mengimport Java Library yang diperlukan

Untuk dapat mengerakkan suatu text, kita perlu meng-import beberapa java library yang berperan didalamnya. Yaitu java Logging.Level dan java Logging.Logger. Java library ini akan membantu kita dalam menggerakan text pada program aplikasi kita. Kalian dapat masukkan contoh koding ini didalam packages kalian. Berikut adalah contoh koding untuk meng-import java library nya :

5. Membuat Koding Text Bergerak pada Netbeans

Setelah semua persiapan telah dilakukan, kita hanya melakukan langkah terakhirnya, yaitu koding. Koding untuk membuat text bergerak ini cukup rumit, kita memakai beberapa variabel untuk membuat kondisinya. Baik untuk berjalan ke kanan maupun ke kiri. Berikut adalah contoh kodingnya :

Oke teman-teman, itulah bagaimana cara membuat text dapat berjalan di dalam program Netbeans kalian. Kalian dapat mengikuti langkah demi langkah yang telah saya buat di atas. Jika ada masalah atau error yang terjadi, kalian dapat menanyakannya pada saya di form komentar. Sekian dari saya… Salam IT ^_^

Baca juga : Cara Membuat JInternalFrame pada Netbeans

Tinggalkan Balasan