Cara Membuat Tic Tac Toe di Visual Studio 2017

Cara Membuat Tic Tac Toe di Visual Studio 2017

Senang sekali masih bisa berjumpa dengan teman-teman sekalian. Pada pertemuan ini. Aku akan membahas bagaimana cara membuat Tic Tac Toe di Visual Studio 2017 dengan mudah. Mengapa mudah ? Karena aku akan share semua kodingan yang dibutuhkan dalam membuat sebuah game Tic Tac Toe.

Sedikit informasi buat teman-teman yang belum tahu permainan Tic Tac Toe. Tic Tac Toe adalah sebuah game yang dimainkan diatas papan kotak 3 x 3 yang dimainkan oleh dua pemain, X dan O. Game ini disebut catur jawa bagi orang Indonesia. Menurut penilitian lain game ini dikenal sebagai noughts and cross atau Xs and Os. Untuk memenangkan permainan ini, pemain harus berhasil menempatkan tiga tanda ( X atau O) kedalam kotak dan harus sejajar tiap-tiap tanda.

Bahan Membuat Tic Tac Toe di Visual Studio 2017

Sebelum kamu menjalankan tutorial ini, kamu perlu perhatikan Gambar 1.1 sebagai contoh objek dalam membuat sebuah game Tic Tac Toe.

Cara Membuat Tic Tac Toe di Visual Studio 2017

Gambar 1.1 – Tampilan Game Tic Tac Toe

Perlu diingat, kotak paling atas disebelah kiri atau kotak paling awal pada form ini adalah sebuah elemen button1. Di sebelah kanan kotak pertama, itu adalah sebuah elemen button2. Urutkan setiap elemen-elemen seperti pada urutan tersebut.

Berikut bahan-bahan yang harus dipersiapkan:

  1.  10 Buttons
  2. 6 labels
  3. 1 PictureBox (optional)

Semua elemen diatas akan dimasukkan kedalam form dan tiap-tiap elemen memiliki keterkaitan. Jadi disimpulkan, jika ada 1 elemen yang berkurang, maka kodingan yang aku siapkan dibawah tidak akan berjalan.

Baca juga: Cara Menghitung Rata-Rata Menggunakan Fungsi IF di Visual Studio

Langkah-Langkah Membuat Tic Tac Toe di Visual Studio 2017

Perlu diingat kembali cara membuat Tic Tac Toe di Visual Studio 2017 bahwa tutorial ini menggunakan bahasa visual basic bukan visual C#. Jika pada aplikasi visual studio kamu menggunakan bahasa C# maka kodingan dibawah ini tidak dapat berjalan.

  1. Click File – New Project – Pilih bagian Visual Basic (Windows Classic Dekstop) – Windows Forms App.
  2. Masukkan elemen-elemen kedalam form dan sesuaikan posisi seperti pada Gambar 1.1
  3. Untuk step ini, tidak perlu mengubah design name. Biarkan sistem yang menentukan design name tersebut.
  4. Pada visual studio, kamu tidak perlu klik dua kali setiap button. Kamu dapat memasukkan kodingan secara langsung. Masukkan kodingan dibawah ini kedalam View Code.
  5. Selesai.

Kodingan Membuat Tic Tac Toe di Visual Studio 2017

Kodingan dibawah ini berfungsi untuk membuat jumlah user beserta tampilan awal pada saat user mengklik aplikasi tersebut.

Kodingan dibawah ini untuk membuat syarat / ketentuan player pertama menang.

Kodingan dibawah ini untuk membuat syarat / ketentuan player kedua menang.

Kodingan dibawah ini untuk membuat fungsi pada setiap elemen Button.

PictureBox & Tombol Reset

Untuk PictureBox kamu tidak diwajibkan menggunakan elemen ini. Elemen ini hanya berfungsi untuk memberikan / menampilkan icon pada form. Berikut kodingannya dibawah ini:

Demikian Cara Membuat Tic Tac Toe di Visual Studio 2017 dengan mudah. Bier Pinter juga telah menyiapkan video tutorial bagi kamu yang kurang jelas atau belum mengerti.

Jika Video ini bermanfaat, mohon di Like & Subscribe untuk mendukung kami dalam video-video berikutnya. Terima kasih,

Tinggalkan Balasan