Cara Membuat Validasi Simbol Pada Textfield Netbeans

Cara Membuat Validasi Simbol pada Textfield Netbeans

Cara Membuat Validasi Simbol pada Textfield Netbeans – Halo sobat sekalian, pada artikel ini saya akan membahas mengenai bagaimana Cara Membuat Validasi Simbol pada Textfield di dalam Netbeans. Validasi simbol ini biasanya sering digunakan untuk mencegah terjadinya kesalahan input karena masuknya karakter simbol. Simbol adalah karakter yang unik karena memiliki bentuk karakter tersendiri. Untuk membuat validasi ini, caranya cukup mudah kok. Kalian hanya perlu mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

1. Sediakan Textfield Inputnya Terlebih Dahulu

Untuk membuat textfield inputnya, kalian hanya perlu memasukkan tools textfield di dalam JFrame Form kalian. Caranya cukup mudah kok, kalian hanya perlu meng-drag tools textfield ke dalam form kalian. Kemudian kalian dapat mengatur tempat dan ukuran textfield tersebut.  Kalian juga dapat memberi tools tambahan seperti Label, Button , dan tools lainnya sebagai keterangan. Berikut adalah contoh tampilannya :

Validasi Simbol pada Textfield Netbeans

2. Membuka Jendela Koding Validasi Simbol pada  Textfield Netbeans

Setelah kita memiliki textfield input untuk penginputan data, selanjutnya kita akan memberikan koding untuk memvalidasi data input tersebut. Validasi ini bertujuan agar data yang akan di input oleh user dapat sesuai dengan yang developer harapkan. Untuk dapat melakukan validasi input data ini, kalian hanya perlu membuka jendela koding KeyTyped dengan cara mengklik kanan pada textfield yang kalian inginkan. Kemudian pilih Events KeyKeyTyped. Sama halnya seperti cara membuat validasi input angka dan huruf pada artikel sebelumnya. Berikut adalah contoh tampilannya :

Cara Membuat Validasi Simbol pada Textfield Netbeans

3. Memasukkan Koding Validasi Simbol pada Textfield Netbeans

Langkah selanjutnya, kalian hanya perlu memasukkan beberapa koding untuk melakukan validasi simbol. Kalian pun dapat memasukkan karakter yang tidak kalian untuk tidak dapat di input oleh user. Berikut adalah contoh kodingnya :

Setelah kalian memasukkan kodingnya, kalian dapat mencobanya dengan cara menginput data yang tidak kalian inginkan sebelumnya. Kalian pun dapat memodifikasi koding tersebut. Seperti penambahan JOptionPane.ShowConfirmDialog, JOptionPaneShowMessegeDialog, maupun perintah lainnya.

Nah, mudah kan teman-teman? Validasi simbol ini sangatlah penting pada penginputan data. Karena sering sekali user salah dapat penginputan data dalam suatu program aplikasi. Validasi ini pun secara tidak langsung membantu sistem untuk dapat bekerja secara benar. Karena penginputan data yang salah pun dapat merusak kinerja sistem dalam pemrosesan data. Sekian dari saya… Salam IT ^_^

Baca juga : Cara Membuat Validasi Input Angka dan Huruf pada Textfield Java

 

Tinggalkan Balasan