Cara Menambahkan Icon di Netbeans

Cara Menambahkan Icon di Netbeans

      Tak ada komentar pada Cara Menambahkan Icon di Netbeans

Cara Menambahkan Icon di Netbeans – Halo sobat sekalian, tahu kah kalian bahwa di dalam JFrame Form yang ada di Netbeans kita dapat menambahkan icon-icon yang bagus dan unik di dalamnya. Icon-icon tersebut dapat kita peroleh dari gambar-gambar yang kita miliki, maupun melalui aplikasi icon yang telah ada. Pada artikel saya kali ini, saya akan memberitahu kalian bagaimana sih cara menambahkan icon pada Netbeans? Mudah kok, kalian hanya perlu mempersiapkan icon yang ingin ditambahkan ke dalam Netbeans.

Persiapkan Icon yang Ingin Kalian Masukan

Tentukanya kita memerlukan beberapa icon untuk dapat menampilkannya di Netbeans. Salah satu aplikasi icon yang saya gunakan adalah icons8. Aplikasi Icons8 ini termasuk enak digunakan dan gratis. Anda dapat mendapatkannya di sini: Download Installer Icons8 Free. Untuk password, silahkan masukkan : www.bierpinter.com. Setelah kalian menginstallnya, kalian dapat memilih icon yang kalian sukai dan cocok untuk dimasukan ke dalam JFrame From kalian.

Icon

Download Installer Icons8 Free 45.7 MB 6 downloads

Download Installer Icons8 Free - Pusing mencari icon yang bagus dan unik? Aplikasi...

Cara Menambahkan Icon pada Sources Packages

Setelah kalian memilih icon yang cocok untuk ditambahkan pada Form kalian, kalian hanya perlu memasukkannya ke dalam salah satu tools pada Netbeans. Tapi sebelumnya, buatlah folder terlebih dahulu agar images icon kalian dapat tersusun dengan rapih. Cara untuk membuat folder baru sangatlah mudah. Cukup klik kanan pada Source Packages kalian, kemudian pilih new Folder. Kalian dapat melihatnya pada Gambar 1.

Cara Menambahkan Icon pada Netbeans

Gambar 1

Setelah kalian membuat folder, kalian hanya perlu memasukkan iconnya kedalam folder tersebut. Jika sudah disimpan di dalam folder tersebut, secara otomatis Netbeans akan membaca icon tersebut sehingga dapat ditampilkan. Berikut adalah tampilan jika kalian telah menambahkan icon pada folder kalian.

Cara Menambahkan Icon pada Netbeans

Cara Menambahkan Icon pada Salah Satu Tools JFrame

Untuk dapat memasukkan Icon pada tools JFrame, kalian tentunya harus membuat salah satu tools JFrame terlebih dahulu. Kalian dapat memasukkannya ke dalam Label, Button, maupun Panel yang ada di JFrame. Baca juga : Belajar Label, Textfield, dan Button JFrame pada Netbeans. Setelah kalian membuat toolsnya, kalian dapat memasukkannya di jendela properties dan pilih icon. Icon tersebut akan secara otomatis men-direct kepada icon yang telah kalian masukkan ke dalam Sources Packages sebelumnya. Berikut adalah gambar tampilannya :

Cara Menambahkan Icon pada Netbeans

Jika kalian tidak diberikan alternative icon, mungkin icon kalian belum terdirect oleh Netbeans. Oleh karena itu, kalian bisa mencarinya dengan cara mengklik tanda¬†“…” yang ada disebelah icon. Jika telah kalian klik, kalian dapat memilih folder yang terdapat icon tersebut. Berikut adalah tampilannya :

Cara Menambahkan Icon pada Netbeans

Cara Menambahkan Icon pada NetbeansOkay, mudah kan kawan-kawan? Kalian dapat melalukan cara yang sama terhadap tool JFrame lainnya. Disini saya mencobanya pada tools Button. Pemilihan size icon juga mempengaruhi tampilan icon tersebut juga. Oleh karena itu, pilihlah size icon yang sesuai dan bagus menurut kalian masing-masing. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan tulis di komentar yah teman-teman… Salam IT ^_^

Tinggalkan Balasan