Cara Menghubungkan Dua JFrame Form pada Netbeans

Cara Menghubungkan Dua JFrame Form pada Netbeans

Cara Menghubungkan Dua JFrame Form pada Netbeans – Tau tidak sih bahwa kita dapat membuat lebih dari JFrame Form pada Netbeans? Dan bagaimana sih cara menghubungkannya? Nah pada artikel saya kali ini, saya akan membahas mengenai pertanyaan-pertanyaan tersebut. Dalam Netbeans, kita dapat menambahkan JFrame Form lebih dari satu tergantung pada kebutuhan kita sendiri. Tentunya penggunaan pada JFrame Form yang banyak juga memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Kelemahannya seperti menjadi lebih banyak koding yang diperlukan, bahkan hingga harus membuat tampilan JFrame Form yang berbeda-beda. Namun dalam keuntungannya sendiri, JFrame Form yang terpisah menjadi lebih komunikative dan friendly user. Dimana para pengguna menjadi nyaman dan tidak binggung saat menggunakan program tersebut.

Membuat Dua JFrame Form-nya Terlebih Dahulu

Sebelum kita menghubungkan dua atau lebih JFrame Form pada Netbeans, tentunya kita harus menyiapkan JFrame Formnya terlebih dahulu. Sediakanlah sekitar dua atau lebih JFrame Form pada satu projek aplikasi yang sama. Dan jangan lupa untuk memanggil salah satu JFrame Formnya saja pada main file projek kalian. Untuk dapat memanggil JFrame Form file pada main file, anda dapat mengunjungi artikel ini. Setelah kalian membuat lebih dari JFrame Form pada projek anda, kalian dapat membuat Button tools pada salah satu JFrame Form kalian yang berfungsi untuk memanggil JFrame Form yang lainnya. Contoh tampilan projek anda jika telah membuat dua JFrame Form :

Cara Menghubungkan Dua JFrame Form pada Netbeans

Menghubungkan Kedua JFrame Form

Untuk menghubungkan dua JFrame Form pada satu projek aplikasi yang sama, kalian hanya perlu untuk menuliskan beberapa koding saja. Dasar kodingnya sama dengan cara memangil JFrame Form file pada main file kalian sebelumnya. Pada kali ini, saya menaruh koding untuk memanggil JFrame Form yang kedua pada Button tools. Berikut adalah contoh koding yang saya buat :

Cara Menghubungkan Dua JFrame Form pada Netbeans

Itu adalah contoh koding untuk memanggil JFrame Form yang lainnya. Pada koding tersebut, saya memberi tambahan koding this.setVisible(false); . Koding tersebut berfungsi untuk menghilangkan JFrame Form yang aktif anda, sehingga tidak ada dua JFrame Form yang akan tampil. Jika anda ingin tetap menampilkan kedua JFrame Form, maka anda tidak perlu menambahkan koding tersebut atau merubah false menjadi true pada this.setVisible(); . Berikut adalah contoh kedua JFrame Form yang telah saya buat :

Cara Menghubungkan Dua JFrame Form pada Netbeans

JFrame Form 1

Cara Menghubungkan Dua JFrame Form pada Netbeans

JFrame Form 2

Untuk mememanggil kembali JFrame Form yang pertama, kalian hanya perlu menuliskan kembali koding yang sama pada JFrame Form yang kedua. Pada contoh kali ini, saya akan membuat koding untuk memanggil JFrame Form yang pertama pada Button cancel. Berikut adalah contoh koding nya :

Cara Menghubungkan Dua JFrame Form pada Netbeans

Oke teman-teman, selamat JFrame Form kalian telah terhubung satu sama lain. Kalian dapat memanggil JFrame Form yang pertama pada JFrame Form yang kedua dan juga sebaliknya. Pada umumnya, pembuatan JFrame Form sangatlah banyak pada suatu projek aplikasi. Oleh karena itu, penggunaan koding untuk memanggilnya pun sangatlah penting apalagi untuk memanggil JFrame Form yang penting. Sekian dari pembelajaran kali ini… Salam Koding ^_^

Baca juga : Cara Mengnonaktifkan Button JFrame pada Netbeans

2 comments on “Cara Menghubungkan Dua JFrame Form pada Netbeans

Tinggalkan Balasan