Cara Mengnonaktifkan Button JFrame Pada Netbeans

Cara Mengnonaktifkan Button JFrame Pada Netbeans

Cara Mengnonaktifkan Button JFrame Pada Netbeans – Banyak sekali orang bertanya-tanya, Bagaimana sih cara mengnonaktifkan Button JFrame pada Netbeans? Apakah susah? Sebenarnya sih itu sangatlah mudah sekali. Kalian hanya perlu memanggil perintah properties yang ada pada Button tersebut pada koding kalian. Properties merupakan suatu setting an pada suatu alat yang terdapat pada JFrame Form. Alat tersebut dapat berupa Label, Panel, Textfield, Button dan lain sebagainya. Di dalam properties tersebut, kita dapat menyetting alat tersebut dengan sesuka kita. Kita dapat menyetting seperti tampilan warna pada background, ukuran font, jenis font, bahkan kita pun dapat menambahkan icon didalamnya. Ada 2 cara mengonaktifkan Button JFrame pada Netbeans, yaitu :

Mengnonaktifkan Button JFrame Secara Manual

Cara Mengnonaktifkan Button JFrame pada Netbeans

Gambar di atas merupakan salah satu contoh mengnonaktifkan Button JFrame secara manual. Kalian hanya perlu mencari setting-an “enabled” pada jendela properties Button kalian. Yang harus kalian lakukan adalah membuat Button JFrame pada Form kalian, kemudian menghapus tanda centang yang ada pada kotak “enabled”. Kalian dapat menemukan settingan tersebut dengan cara mengklik kanan pada Buttonnya maupun mencari jendela properties nya disebelah kanan layar anda. Berikut adalah contoh jendela properties pada Button JFrame :

Cara Mengnonaktifkan Button JFrame pada Netbeans

Untuk mengnonaktifkannya kalian hanya perlu menghapus centang pada kotak setting-an “enabled” seperti yang kalian lihat pada gambar diatas. Sedangkan untuk mengaktifkannya kembali, kalian hanya perlu mencentang kotak setting-an nya kembali seperti semula.

Mengnonaktifkan Button JFrame Melalui Koding Pemrograman

Berbeda dengan secara manual, dengan melalui koding pemrograman kita dapat leluasa untuk menonaktifkan Button JFrame tersebut. Kita bisa membuat Button tersebut aktif dan tidak sesuai dengan kondisi yang kita inginkan. Kita pun bisa menaruhnya dalam fungsi if-else, try-catch, maupun yang lainnya. Berikut adalah contoh koding untuk mengnonaktifkan Button JFrame secara koding pemrograman :

Cara Mengnonaktifkan Button JFrame pada Netbeans

Dalam koding ini, kita menggunakan .setEnabled(true/false); untuk mengnonaktifkannya. Jika kalian ingin mengaktifkannya, silahkan masukan paramater methodnya dengan true. Sedangkan untuk mengnonaktifkannya, kalian hanya perlu memasukan parameternya dengan false. Mudah kan? Method ini dapat kita variasikan dengan beberapa macam fungsi. Contohnya seperti berikut :

Cara Mengnonaktifkan Button JFrame pada Netbeans

Keren bukan? Tentunya kalian harus bisa mengerti penempatan kodingnya yah teman-teman. Periksalah kondisi yang kalian tentukan terlebih dahulu sebelum membuat perintah kodingnya. Pada umumnya, kita dapat mengnonaktifkan Button JFrame semau kita. Kita dapat mengnonaktifkannya secara manual ataupun dengan koding pemrograman. Oke teman-teman, Mudah bukan? Tentunya mudah yah, semoga contoh koding Button JFrame Form nya bermanfaat yah… Jika ada yang kurang jelas dan ingin ditanyakan, silahkan tulis di form komentar yah teman-teman. Salam IT ^_^

Baca juga : Cara Menambahkan Icon di Netbeans

Tinggalkan Balasan