Cara Membuat CRUD Insert, Select, Update, Delete

Cara Membuat CRUD Insert, Select, Update, Delete – Halo teman-teman sekalian. Pada artikel saya kali ini akan membahas tentang bagaimana cara Membuat CRUD pada Netbeans (Java). Apa sih CRUD itu? CRUD adalah singkatan dari Create, Read, Update, Delete. Dimana perintah CRUD ini berintegrasi secara langsung dengan database yang kita gunakan, seperti MySQL, SqlDeveloper, dan aplikasi database lainnya.

Membuat CRUD Insert, Select, Update, Delete

Pada artikel ini saya akan menjelaskan langkah-langkah dapat proses pembuatan CRUD tersebut. Sebelumnya, kalian harus membuat koneksi terlebih dahulu dengan aplikasi database kalian. Kalian dapat melihat caranya pada artikel-artikel sebelumnya.

Kunjungi : Cara Membuat Class Koneksi Netbeans ke Database SQL Developer (Oracle)

1. Insert

Insert merupakan salah satu perintah dalam CRUD yang berfungsi untuk memasukkan data pada database kita melalui program Netbeans kita. Sehingga data yang kita masukkan di dalam Netbeans dapat secara otomatis masuk ke dalam database kita. Untuk membuat perintah Insert ini, siapkan lah terlebih dahulu button perintahnya. Seperti pada gambar dibawah ini :

CRUD - Insert

Langkah selanjutnya adalah memasukkan perintah koding insert pada button kalian. Contoh koding perintahnya adalah :

2. Select

Select merupakan salah satu perintah untuk dapat memasukkan atau menampilkan data pada database ke dalam program Netbeans kita. Pada perintah yang satu ini, kalian tidak perlu membuat button, kalian hanya perlu membuat satu method pada program Netbeans kalian. Kalian dapat memasukkan contoh koding ini pada method kalian :

Kalian juga dapat membaca bagaimana cara membuatnya secara detail melalui artikel kami sebelumnya.

Baca juga : Cara Memasukkan Data SQL Developer Pada JTable Netbeans

3. Update

Update merupakan suatu perintah yang berfungsi untuk merubah atau menggantikan data sebelumnya dengfan data yang baru. Untuk membuat perintah Update ini, kalian pun harus membuat satu button pada program Netbeans kalian. Contohnya seperti ini :

CRUD - Update

Setelah kalian membuat buttonnya, kalian hanya perlu memasukkan perintah koding update nya saja. Berikut adalah contoh koding update nya :

4. Delete

CRUD terakhir adalah delete. Delete merupakan salah satu perintah CRUD yang berfungsi untuk menghapus data. Fungsi ini akan secara otomatis menghapus data pada database melalui program Netbeans. Sama halnya Select dan Update, perintah Delete ini pun memerlukan button. Contohnya seperti ini :

CRUD - Delete

Setelah membuat button deletenya, langkah selanjutnya adalah memasukkan perintah kodingnya. Berikut adalah contoh kodingnya :

Oke teman-teman, itu adalah bagaimana Cara Membuat CRUD pada Netbeans. CRUD ini merupakan perintah yang sangat sering digunakan di dalam program aplikasi Netbeans. Perintah-perintah seperti Insert, Select, Update, dan Delete merupakan implementasi dari CRUD tersebut. Sekian dari saya… Salam IT ^_^

Baca juga : Cara Membuat JInternalFrame pada Netbeans

Tinggalkan Balasan