Label, Textfield Dan Button JFrame Pada Netbeans

Belajar Label, Textfield, dan Button JFrame pada Netbeans

Belajar Label, Textfield, dan Button JFrame pada Netbeans – Halo sobat sekalian, kali ini saya akan memberi informasi mengenai JFrame pada Netbeans. Apa sih JFrame itu? JFrame adalah salah satu tools yang disediakan oleh perangkat Netbeans yang bertujuan untuk menampilkan suatu output yang berguna bagi user. Output tersebut dapat berupa tampilan form, UI, maupun hasil data yang dikeluarkan oleh suatu sistem. Pada artikel ini, kita akan belajar mengenai dasar-dasar Label, Textfield, dan Button yang ada pada JFrame. Mulai dari toolsnya, properties, icon, dan yang lainnya.

Mengenal Tools Label, Text Field, dan Button

1. Label

Belajar Jframe Netbeans Part1 - Label, Text Field, dan Button

Gambar 1

Label adalah salah satu alat pada Jframe yang berguna untuk menempatkan suatu variable di dalamnya. Variable tersebut dapat berupa nama, judul, maupun keterangan pada suatu form. Label ini merupakan salah satu alat pada Jframe yang sering digunakan di Netbeans. Dengan adanya label, keterangan atas suatu objek dapat digambarkan secara singkat. Tools ini dapat anda temukan pada jendela Palette dalam kelompok Swing Controls.

2. Textfield

Textfield adalah suatu tools pada Jframe yang berfungsi untuk menginput data secara langsung terhadap user. Textfield ini biasanya digunakan untuk mengisi data-data terhadap suatu sistem. Seperti data nama, data pembelian, data harga, dan lain-lain. Karena kelebihannya dapat diinput, Textfield ini menjadi sarana komunikasi antara user dengan developer. Developer dapat menanyakan berbagai macam data pada user dengan nyaman. Textfield ini juga dapat anda temukan pada jendela yang sama pada Label, yaitu pada jendela Palette dalam kelompok Swing Controls yang ada pada Gambar 1.

3. Button

Button adalah salah satu tools perintah yang disediakan oleh Netbeans pada JFrame. Button biasanya digunakan untuk memberikan perintah atau aksi-aksi pada form user. Formula aritmatika, logika, dan fungsi if then else biasanya sering terdapat pada tools ini. Button biasanya berisi perintah-perintah yang akan di jalankan form terhadap user. Seperti, perpindahan Jframe yang satu ke Jframe lain, penjumlahan data, dan bahkan membuat JOptionDialog kepada user. Sehingga tools dari Button ini sering digunakan oleh pada Developer untuk memberikan perintah kepada sistem. Tools ini pun tersedia pada jendela yang sama pada Label dan Textfield, yaitu pada jendela Palette dalam kelompok Swing Controls yang ada pada Gambar 1.

Cara Menggunakan Label, Textfield, dan Button

Pada umumnya, Label dan Textfield adalah salah satu tools tampilan pada form. Yang memberikan intruksi atau perintah adalah Button. Sehingga koding-koding mengenai tools-tools tersebut sering dipanggil pada tools Button. Namun, ada pula koding-koding pemrograman pada tools Label maupun Textfield. Untuk dapat memanggil tools Label dan Textfield pada Button, kita hanya perlu memanggil variabel name tools nya saja. Contohnya saya membuat form seperti ini :

Belajar Jframe 1 - Label, Textfield, dan Button

Gambar 2

Sebelum menjalankan program, sebaiknya kalian memanggil file Jframe anda pada main file kalian. Caranya sangat mudah sekali, kalian cukup menulis koding dibawah ini :

Belajar JFrame Part 1 - Label, Textfield, dan Button

Gambar 3

Setelah kalian sudah memanggil file JFrame pada main file. Kalian dapat memulai membuat program perintah pada Button tools di JFrame. Seperti, perintah hitung, hapus, dan keluar pada suatu program. Untuk dapat membuka source code Button, kalian hanya perlu mengklik dua kali pada Button tersebut. Berikut adalah salah satu contoh dari perintah hapus dan keluar yang telah saya buat :

Belajar JFrame Netbeans Part 1 - Label, Textfield, dan Button

Gambar 4

Okay, kalian dapat menjalankan programnya setelah menulis koding-koding tersebut. Untuk perintah JOptionPane, kalian harus terlebih dahulu mengimport javax.swing.JOptionPane yang ada di library Netbeans. JOptionPane merupakan perintah untuk menampilkan pesan terhadap user yang sangat sering digunakan. Tools ini merupakan sarana untuk berinteraksi dengan user. Selamat mencoba, pelajari juga bahasa pemrograman yang lainnya .

Baca juga : Cara Menghubungkan Dua JFrame pada Netbeans

Tinggalkan Balasan