Membuat Kotak Teks Pada Sebuah Form

Membuat Kotak Teks Pada Sebuah Form

      Tak ada komentar pada Membuat Kotak Teks Pada Sebuah Form

Form adalah salah satu elemen penting dalam membangun sebuah aplikasi. Didalam kotak form kamu dapat membangun berbagai objek lain sesuai keinginan kamu. Banyak perusahaan besar masih menggunakan form didalam sistem pada perusahaan mereka. –┬áMembuat Kotak Teks Pada Sebuah Form

Kotak form biasanya digunakan untuk pengguna / user dalam memberikan sebuah kritik & saran, mengisi biodata, membuat laporan, absensi, dan masih banyak lagi kegunaan form.

Langkah – Langkah Menempatkan Kotak Teks Pada Sebuah Form

Buka aplikasi Microsoft Visual Studio sesuai versi yang kamu miliki. Disarankan menggunakan versi 2015, karena tutorial ini menggunakan versi 2015.

  1. Klik new project dan pilih Windows Form Application.
  2. Temukan TextBox pada grup Common Control yang terdapat pada menu Toolbox. Lalu geser TextBox ke kanan, tepat didalam kotak form tersebut.
  3. Pada tampilan button yang berada di dalam form. Akan ada tanda panah kecil yang terletak diatas button. Elemen tersebut dinamakan Tasks button. Elemen ini berfungsi untuk menetapkan properti Multiline dari kotak teks. Lihat contoh pada Gambar 1.1.

    Membuat Sebuah Kotak Teks Pada Sebuah Form

    Gambar 1.1 – Tampilan Button didalam sebuah form.

Mengelola Sebuah Button Didalam Kotak Form

Beberapa hal yang dapat kamu lakukan dalam mengelola sebuah button, yaitu:

  1. Memindahkan button dari toolbox ke kotak form. Tombol button dapat diletakkan diposisi manapun didalam sebuah kotak form.
  2. Untuk mendeseleksi tombol button, kamu cukup mengarahkan mouse keluar textbox.
  3. Untuk melebarkan ukuran textbox, kamu klik kotak kecil yang berada disebelah kiri atau kanan textbox dan tarik sesuai ukuran yang dibutuhkan.
  4. Tombol Delete pada keyboard berfungsi untuk menghapus Textbox.
  5. Tekan tombol arah panah ke kanan yang berada diatas textbox guna membuat multiline. Multiline berfungsi, untuk memberikan lebih banyak lagi varian dalam mengatur ukuran textbox.

Mengaktifkan Jendela Properties

Pengertian Jendela Properties pada aplikasi microsoft visual studio adalah sebuah fitur untuk menampilkan detail dari sebuah objek. Fitur ini dapat digunakan editor untuk merubah detail dari sebuah objek.

  1. Untuk mengaktifkan jendela properties kamu dapat menekan tombol F4 pada keyboard atau klik kanan tombol button dan pilih properties.
  2. Baris pertama pada properties dinamakan kotak object. TextBox1 adalah nama default pada tombol button tersebut. Kamu dapat menggantinya sesuai keinginan dan disarankan gunakan nama button tanpa tanda kutip, penghubung dan spasi.

    Mengaktifkan Jendela Properties - Bier Pinter

    Gambar 1.2 – barisan elemen utama pada menu properties.

  3. Perhatikan pada Gambar 1.2. Tombol ketiga pada barisan dibawah kotak objek adalah tombol properties. Tombol tersebut berfungsi untuk menampilkan elemen-elemen dalam sebuah objek yang bisa kamu ubah sesuai kebutuhan.
  4. Barisan pertama pada elemen utama, berfungsi untuk menampilkan urutan per kategori.
  5. barisan kedua pada elemen utama, berfungsi untuk menampilkan urutan sesuai abjad.
  6. Kolom kiri pada jendela properties, berfungsi untuk menampilkan fungsi elemen.
  7. Kolom kanan pada jendela properties, berfungsi untuk merubah fungsi elemen.

Menetapkan Empat Properti dari Kotak Teks

Ada 2 yang perlu diperhatikan dalam menu properties, karena terkadang aplikasi ini bisa mengalami eror yang tidak menampilkan fungsi pada elemen-elemen kamu gunakan.

Baca juga: Memulai Dasar Program Visual C#

  1. Tombol ketiga dan keempat dibawah kotak Object, tombol properties, dan tombol events menentukan apa saja Properties dan Event yang ditampilkan pada jendela properties.
  2. Jika kamu mengalami panel deskripsi tidak muncul, kamu dapat lakukan secara manual dengan cara klik kanan element yang berada pada jendela Properties dan centang Description sampai tanda ceklist muncul. Perhatikan Gambar 1.3.

    Menetapkan Empat Properti dari Kotak Teks

    Gambar 1.3 – Menampilkan deskripsi atau fungsi pada element yang dituju.

Membuat Teks pada Tombol Button

Teks pada tombol adalah subject dari sebuah tombol tersebut. Dengan membuat kotak teks pada sebuah form, pengguna dapat mengetahui fungsi dari tombol tersebut.

  1. Ketikkan teks sesuai kebutuhan, kemudian Enter jika sudah selesai atau klik element lain.
  2. Gunakan Teks Align untuk menetapkan posisi teks pada button. Lihat Gambar 1.4.

    Membuat Text Pada Tombol Button

    Gambar 1.4 – Menampilkan isi Text di tombol button

  3. Gunakan ForeColor untuk mengganti warna pada font.
  4. Klik tanda plus (+) disamping element font untuk menampilkan size, unit, bold, italic, strikeout dan GdiCharSet.
  5. Klik tanda panah kebawah pada element ForeColor, untuk memberikan pilihan warna lebih banyak lagi.
  6. Arahkan mouse pada element font, dan klik kotak berisi titik-titik untuk menampilkan properties pada font. Perhatikan Gambar 1.5.

    Membuat Teks Pada Tombol Button

    Gambar 1.5 – Tampilan properties font.

Demikian pembahasan cara Membuat Kotak Teks Pada Sebuah Form yang sudah dijelaskan diatas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Terima kasih,

Tinggalkan Balasan