Membuat Tombol Button di Visual Studio

Membuat Tombol Button di Visual Studio

Tombol button berfungsi untuk melakukan sesuai perintah yang diterapkan pada tombol tersebut. Didalam sebuah aplikasi, hampir semua menggunakan tombol button bahkan jarang ditemukan aplikasi yang tidak menggunakan tombol button. Button bisa digunakan diberbagai aspek, seperti: website, aplikasi, software, game, dll. Tanpa tombol button, kamu akan kesulitan dalam menjalankan setiap perintah yang terdapat pada aplikasi yang kamu buat. Cukup pengertian yang sederhana untuk mengerti fungsi dari tombol button dan cara membuat tombol button di visual studio.

Pelajari cara membuat tombol button di visual studio dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

Menempatkan Tombol Button Pada Sebuah Form

Jika kamu sudah membuat media penyimpanan pada aplikasi sebelumnya, kamu dapat melanjutkannya disitu tapi jika belum, kamu dapat memulainya dengan cara New Project. Oke, setelah semua sudah dipersiapkan. Kita mulai tutorial ini.

Baca juga: Cara Mengnonaktifkan Button JFrame Pada Netbeans

  1. Arahkan button ke form yang sudah dibuat dan tentukan posisi button sesuai keinginan kamu.
  2. Masuk ke jendela Properties atau bisa cara cepatnya dengan menekan tombol F4.
  3. Pada elemen Text, kamu bisa ubah nama default button1, sesuai yang kamu inginkan. Jika nama terlalu panjang, kamu dapat melebarkan button tersebut dengan mengklik kotak kecil disetiap sisi button. Lihat hasil pada Gambar 1.1 dibawah ini.

    Tampilan Toolbox dan hasil dari Text pada Button

    Gambar 1.1 – Tampilan Toolbox & Hasil Text pada Button

  4. Perhatikan pada Gambar 1.1 bahwa pada tombol button Kunjungi sekarang tidak terlihat semua. Kamu dapat memperlebar button agar text terlihat semua dengan cara, klik kotak kecil pada bagian luar button dan arahkan untuk menentukan kecil atau besarnya button. Kamu dapat membuat dua baris text pada button dengan cara memberikan text berikutnya di alinea kedua.
  5. Kamu dapat memberikan tanda ampersand (&) sebelum huruf pertama pada kata. Ini berfungsi untuk memberikan kunci akses. Cara ini berhasil, jika terdapat underscore (garis bawah) pada huruf K.

Perlu diingat: Lakukan penyimpanan secara keseluruhan setiap saat dengan cara menekan tombol CTRL + SHIFT + S untuk mengantisipasi program hilang ketika crash.

Demikian cara Membuat Tombol Button di Visual Studio. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Tinggalkan Balasan