Memposisikan Kendali Pada Elemen Toolbox

Memposisikan Kendali Pada Elemen Toolbox

Kita hampir selesai pada metode dasar dalam menggunakan aplikasi visual studio. Setelah kamu mengerti beberapa elemen dasar pada toolbox, sekarang kamu akan belajar Memposisikan Kendali Pada Elemen Toolbox di visual studio. Ini hal yang mudah untuk dipelajari, tapi ini bagian terpenting dalam membuat sebuah aplikasi.

Visual C# menyediakan beberapa elemen pada toolbox. Kamu dapat memposisikan elemen tersebut didalam sebuah form. Ketika kamu sedang memposisikan elemen, akan muncul garis line yang mengatur posisi terbaik untuk elemen yang akan digunakan. Garis line tersebut dinamakan Proximity Lines yang berguna untuk menyamakan posisi elemen satu ke elemen lainnya.

Cara Memposisikan Kendali Pada Elemen Toolbox

  1. New Project (Khusus yang tidak mengikuti tutorial sebelumnya).
  2. Gunakan Button dan tempatkan disekitar form.
  3. Pindahkan button ke atas pojok kanan didalam form untuk memunculkan dua segmen garis akan muncul. Posisi garis akan membentuk seperti Horizontal dan Vertikal. Garis itulah yang dinamakan proximity lines.
  4. Gunakan Textbox atau elemen apapun yang ada di toolbox untuk melihat fungsi segmen garis terhadap dua elemen. Kamu dapat perhatikan Gambar 1.1 dibawah ini, untuk beberapa fungsi segmen garis. Untuk mensejajarkan elemen tersebut, pastikan segmen garis berwarna ungu muncul.

    Memposisikan Kendali Pada Elemen Toolbox

    Gambar 1.1 – Hasil memposisikan elemen

  5. Klik kedua elemen tersebut sambil menekan CTRL pada keyboard. Fungsi ini akan menampilkan format dalam memposisikan elemen. Berikut fungsi-fungsi yang terdapat pada format:
    Memposisikan Kendali Pada Elemen Toolbox

    Gambar 1.2 – Tampilan lengkap format memposisikan elemen

    Make Same Size: Menyamakan lebar atau tinggi dari tiap-tiap elemen pada sebuah grup. Grup terbentuk dari kamu memilih beberapa elemen sambil menekan tombol CTRL pada keyboard.
    Center in Form: Membuat sebuah kendali terseleksi di tengah-tengah form secara vertikal atau secara horizontal.
    Vertical Spacing: Menyamakan jarak vertikal antara sebuah kolom yang memuat tiga atau lebih elemen-elemen terseleksi.
    Horizontal Spacing: Menyamakan jarak vertikal antara sebuah baris yang memuat tiga atau lebih elemen-elemen terseleksi.

Dalam dua atau lebih elemen bersamaan, kamu dapat melakukan perubahan di properties elemen tersebut. Demikian cara memposisikan kendali pada elemen toolbox. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Tinggalkan Balasan