Menentukan Urutan Tab Pada Setiap Elemen

Didalam sebuah form, kamu dapat memasang elemen sesuai jumlah yang kamu inginkan. Ada baiknya, kamu juga menentukan urutan tab pada setiap elemen. Cara ini sangat bagus untuk memudahkan pengguna melakukan Tab di keyboard.

Ketika kamu menekan kunci Tab saat program berjalan, fokus akan berpindah dari satu elemen ke elemen lainnya sesuai urutan elemen tersebut. Bayangkan jika elemen-elemen tidak diurutkan disaat pengguna aplikasi melakukan kunci Tab. Hal itu membuat rating aplikasi menurun.

Cara Menentukan Urutan Tab Pada Setiap Elemen

  1. New project.
  2. Gunakan beberapa elemen pada toolbox. Disarankan jumlah elemen lebih dari tiga, agar kamu bisa melihat perbedaan sesudah dan sebelum mengurutkan tab.
  3. Jalankan program dan tekan Tab pada keyboard beberapa kali. Perhatikan bahwa kendali fokus berpindah-pindah ketika kunci tab dijalankan.
  4. Gunakan Tab Order pada menubar View. Secara default, aplikasi memberikan nomor urutan disetiap elemen. Kendali diurutkan dari 0, 1, 2 dan seterusnya. Semakin besar jumlah nomornya, urutan semakin jauh.

    Menentukan Urutan Tab Pada Setiap Elemen

    Gambar 1.1 – Tampilan Tab sebelum dan sesudah diurutkan

  5. Untuk mengubah urutan tab, kamu dapat klik elemen yang ingin dijalankan lebih awal dan seterusnya. Pastikan sebelum melakukan langkah nomor 5, Tab Order di menubar view telah aktif.
  6. Jalankan program, dan lihat hasilnya.

Jika belum kebayang seperti apa hasilnya, dibawah ini terdapat video penjelasannya. Perhatikan fokus kendali ketika kunci tab dijalankan. Video disebelah kiri dalam kondisi tidak berurut sedangkan video disebelah kanan dalam kondisi berurut.

Demikian tutorial cara menentukan urutan tab pada setiap elemen. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Tinggalkan Balasan