Cara Menjalankan Program Visual Studi

Cara Menjalankan Program Visual Studio

Setelah kamu mengerti konsep dasar visual studio yang kemarin telah dibahas, sekarang kamu akan belajar bagaimana cara menjalankan program visual studio. Suatu program yang telah dirancang dan dikembangkan akan terlihat hasilnya jika program tersebut dijalankan.

Tidak semua program dapat berjalan atau berfungsi dengan baik. Terkadang sering terjadi masalah / error pada bagian-bagian tertentu. Kamu dapat belajar mengatasi setiap masalah yang terjadi pada program yang sedang dibuat. Untuk hal ini, kita akan bahas di tutorial berikutnya.

Cara Menjalankan Dan Menghentikan Program

  1. Tombol Start pada toolbar berfungsi untuk menjalankan program. Kamu dapat menjalankan program dengan menekan F5 pada keyboard. Pada menu bar Debug cari Start Debugging untuk menjalankan program secara manual.

    Cara Menjalankan Program Visual Studio

    Gambar 1.1 – Menampilkan tombol untuk menjalankan program visual C#

  2. Pada hasil program yang dijalankan, tekan tombol End untuk memindahkan kursor mouse di akhir nama. Untuk mengembalikan kursor mouse ke awal, tekan tombol Home.
  3. Untuk mengakhiri program, kamu dapat menekan tombol Stop Debugging atau menekan tombol ALT + F4 pada keyboard.
  4. Masuk ke bagian properties textbox, dan cari ReadOnly, gunakan tanda True untuk memberikan latar belakang / background berwarna abu-abu. Fungsi True pada ReadOnly digunakan untuk menampilkan hasil program saja. User / Pengguna tidak dapat merubah isi pada bagian yang telah diberikan fungsi ReadOnly.

Cara Menyimpan dan Menutup Program Visual Studio

Untuk mengamankan program yang telah dibuat, ada baiknya kamu lakukan penyimpanan. Program Visual Studio tidak menjalankan fungsi auto save, jika kamu belum pernah melakukan penyimpanan pada program tersebut.

Baca juga: Cara Membuat Progress Bar Menggunakan Javascript

Ikuti langkah-langkah melakukan penyimpanan pada visual studio:

  1. Masuk ke menubar File dan cari tombol Save All. Fungsi ini kamu dapat gunakan untuk melakukan penyimpanan secara keseluruhan pada program yang telah dibuat. Tekan tombol CTRL + SHIFT + S untuk melakukannya dengan cepat.
  2. Untuk menyimpan bagian tertentu saja, kamu dapat lakukan dengan menekan tombol Save pada bagian menubar file. Shortcut nya dapat kamu jalankan dengan menekan CTRL + S pada keyboard.
  3. Setelah selesai disimpan, kamu dapat mengakhiri program dengan masuk ke menu File dan klik Close Solution. Ini hanya mengeluarkan project yang barusan kamu jalankan.

Tips: Aplikasi akan merekomendasikan untuk menyimpan project, jika kamu melakukan close solution sebelum menyimpan project tersebut.

Demikian tutorial cara menjalankan program visual studio. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan