Fungsi Dan Contoh Program IF Pada C#

Fungsi Dan Contoh Program IF Pada C#

Pada tutorial ini, kamu telah melewati dasar dalam menggunakan visual studio. Sekarang kamu belajar Fungsi Dan Contoh Program IF Pada C#. Disini akan dijelaskan fungsi dan contoh program IF pada C#.

Membuat Pernyataan IF Pada C#

Kamu akan menggunakan pernyataan IF dan Else IF pada suatu program. Dua pengertian dari kedua fungsi berikut:

  1. Fungsi IF: Suatu program yang menggunakan perintah IF (jika).
  2. Fungsi Else IF: Suatu fungsi dimana tidak ada ditemukan pernyataan yang benar pada perintah pertama, maka akan dilanjutkan dengan perintah kedua. Perintah kedua itu dinamakan Else IF.

Dalam tutorial ini, kamu akan membuat sebuah fungsi if dan else if pada tabel nilai siswa dan memberikan hasil ujian dari nilai yang diperoleh siswa. Persyaratan hasil nilai ujian:

  • Nilai A, jika hasil ujian 80 sampai 100.
  • Nilai B, jika hasil ujian 60 sampai 79.
  • Nilai C, jika hasil ujian 50 sampai 59.
  • Gagal, jika hasil ujian dibawah 50.

Berikut koding C# dibawah ini:

Didalam kodingan diatas, terdapat elemen Form, ListBox, TextBox, dan Button. Kamu dapat memberikan nama pada elemen tersebut. Memberikan nama pada elemen tersebut, berfungsi untuk memanggil elemen sesuai objek nama yang telah dibuat. Kamu bisa lihat contohnya:

Keterangan petunjuk ada didalam kodingan, kamu bisa perhatikan. Bahwa setiap elemen tidak menggunakan nama dari elemen tersebut melainkan menggunakan nama custom yang telah user tentukan. Perhatikan video dari hasil kodingan diatas:

Fungsi Dan Contoh Program IF Pada C#

Demikian Fungsi Dan Contoh Program IF Pada C# yang telah dibagikan. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Tinggalkan Balasan