Program Visual C#

Memulai Dasar Program Visual C#

      Tak ada komentar pada Memulai Dasar Program Visual C#

Memulai Dasar Program Visual C# tidak segampang yang kamu lihat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal diperlukan penguasaan materi dengan benar. Didalam pemrograman, proses adalah hal yang paling penting untuk membuat sebuah aplikasi. Banyak komponen-komponen yang harus diterapkan didalam pemrograman.

Untuk memulai tutorial ini, kamu harus mengerti tools dasar dalam menggunakan software Microsoft Visual Studio. Setiap program akan disimpan pada folder tersendiri. Ada beberapa tampilan yang berbeda dengan versi Windows lainnya. Pada tutorial kali ini, aplikasi Microsoft Visual Studio Enterprise 2015 akan dijalankan di Windows 10.

Mengenal Tools & Fungsi Pada Program Visual C#

Memulai Dasar Program Visual C#

Gambar 1.1 – Tampilan Awal Visual Studio Enterprise 2015

Pada gambar 1.1 ini menunjukkan sebuah tampilan awal dari program Visual Studio. Terdapat menu bar dibagian atas aplikasi. Beberapa tools yang disediakan pada menu, yaitu:

  1. File
    Biasanya fitur ini berfungsi untuk menyimpan data dan memanggil atau memunculkan data yang telah dibuat dengan aplikasi ini.
  2. Edit
    Fitur ini berfungsi untuk mengulang (undo) atau melanjutkan (redo) ketika kamu sedang menggunakan aplikasi tersebut. Dengan fitur ini, kamu juga dapat mencari secara spesifik bagian-bagian yang kamu inginkan.
  3. View
    Fitur ini berfungsi untuk menampilkan ruang kerja yang digunakan untuk mengelola setiap bagian pada Project kamu, mulai dari task, resource, tampilan, dll.
  4. Debug
    Berfungsi untuk mencari kesalahan-kesalahan dalam program yang sedang berjalan.
  5. Team
    Berfungsi untuk mengatur koneksi hubungan antar team.
  6. Tools
    Berfungsi untuk memberikan fitur-fitur yang dapat kamu gunakan pada projek yang dijalankan. Pada menu tools juga terdapat options dimana pengguna dapat megelola aplikasi tersebut sesuai keiinginan.
  7. Architecture
    Menentukan class pada diagram.
  8. Test
    Menjalankan hasil Project. Beberapa tools terdapat pada fitur ini, diantaranya: Run, debug, playlist, test setting, analyze code coverage, profile test, Windows.
  9. Analyze
    menjalankan kode analisis.
  10. Window
    Berfungsi untuk mengatur window yang sedang terbuka.
  11. Help
    Fitur dukungan yang disediakan oleh Microsoft Visual Studio.

Memulai Dasar Program Visual C#

Untuk memulai aplikasi Microsoft visual studio, kamu mulai dengan klik menu File, dan klik New Project untuk menampilkan kotak dialog.  Perhatikan gambar 1.1 yang sedang menampilkan sebuah kotak dialog yang dihasilkan dari New Project.

Program Visual C#

Gambar 1.2 – Tampilan New Project

Pada tampilan sebelah kiri, itu adalah daftar template. Kamu bisa memilih sesuai kebutuhan kamu. Tapi untuk mengikuti tutorial ini, gunakan Windows Forms Application pada template yang ada disebelah kiri.

Perlu diingat

Jumlah item pada daftar yang ada di tengah itu bervariasi, tergantung pada edisi serial aplikasi Microsoft visual studio yang kamu gunakan.

Setelah diklik, nama program itu dibuat secara default menjadi WindowsApplication1, nama ini dapat kamu ganti sesuai keinginan kamu. Tapi agar tidak bingung dalam mengikuti tutorial, untuk sekarang kamu lakukan sesuai petunjuk saja. Klik tombol OK untuk melanjutkan.

Tunggu beberapa detik, kecepatan dalam menjalankan program tergantung seberapa besar ram yang kamu miliki. Jika kamu mengikuti dengan benar, akan muncul tampilan seperti gambar 1.3 dibawah ini.

Gambar 1.3 – Terdapat tampilan form1.cs yang masih kosong.

Tampilan yang muncul seperti gambar diatas tidak selalu sama dengan versi lain. Jika kamu menggunakan versi dibawah aplikasi ini, akan ada fitur-fitur yang tidak tersedia seperti gambar diatas. Jika kamu menggunakan versi diatas ini, seperti Microsoft Visual Studio 2017 akan ada menu tambahan yang telah dikembang oleh vendor.

Jendela properties kamu dapat gunakan untuk mengubah tampilan dan objek-objek pada form. Kamu bisa klik kanan pada Form1 untuk menampilkan jendela properties seperti pada gambar yang ada disebelah kanan.

Baca juga: Contoh Program C++ Dan Proses Pembuatan

Jendela Toolbox akan menampilkan objek-objek (kontrol) yang dapat kamu tempatkan kedalam form. Jika pada layar kamu tidak dapat menemukan jendela Toolbox kamu dapat temukan di menu View.

Memulai Dasar Program Visual C#

Gambar 1.4 – Tampilan Menu Toolbox Pada Aplikasi Microsoft Visual Studio

Jendela Solution Explorer yang berada dibawah pada kolom dua, dapat menampilkan data-data yang terkait pada program yang sedang berjalan dan menyediakan akses terhadap perintah-perintah yang terdapat pada program tersebut.

Memulai Dasar Program Visual C#

Gambar 1.5 – Tampilan Toolbox Explorer Pada Aplikasi Microsoft Visual Studio

Pembahasan kali ini cukup sampai disini, inilah langkah awal untuk memulai dasar program visual C# yang telah kamu pelajari.

Tinggalkan Balasan