Pengertian Dan Contoh Program Visual C#

Pengertian Dan Contoh Program Visual C#

Pengertian Dan Contoh Program Visual C# atau yang biasa disebutkan pemrograman C Sharp adalah bahasa pemrograman sederhana yang di pakai dalam berbagai aspek dengan tujuan umum. Bahasa Pemrograman ini biasa digunakan untuk pemrograman server-side pada website, membangun aplikasi dekstop sesuai kebutuhan, aplikasi mobile, pemrograman game, aplikasi penjualan, absensi dan masih banyak lagi yang semuanya bersifat umum.

Microsoft Visual C# adalah suatu program alat bantu pemrograman (Rapid Application Development Tool) yang dibuat oleh perusahaan Microsoft Corporation dan dapat digunakan untuk membuat program berbasis grafis dengan menggunakan bahasa pemrograman yang hampir mirip pola nya yaitu: Pemrograman C++ .

program ini telah disatukan kedalam kedalam aplikasi yang bernama Microsoft Visual Studio yang dibuat perusahaan microsoft tersebut untuk memudahkan programmer berinteraksi dengan bahasa pemrograman lainnya. Didalam aplikasi tersebut mempunyai bahasa pemrograman lainnya, seperti: Visual C++, Visual Basic, Visual Vox Pro dan Visual J#.

Menurut analisa, program ini masih memegang the best trending dalam penggunaan software pemrograman. Program-program Visual C# menampilkan sebuah form dengan kotak-kotak yang didalamnya pengguna dapat memasukkan (mengetikkan) informasi dan tombol-tombol yang dapat diklik untuk menginisiasi aksi atau tindakan.

Dalam uji cobanya program C# sangat bergantung dengan ekstensi framework yang disebut .NETFramework, ekstensi ini biasa digunakan ketika ada beberapa installer game yang membutuhkan ekstensi tersebut. Framework inilah yang nantinya digunakan untuk mengcompile dan menjalankan kode C#.

Struktur Pemrograman Pada Visual C#

Pengertian Dan Contoh Program Visual C# ataupun dalam pemrograman lainnya, ada 5 struktur dasar yang kamu ketahui, yaitu:

  1. Library
    Struktur ini adalah alat untuk mendefenisikan library apa yang harus kamu gunakan terhadap pemrograman yang sedang dijalankan.
  2. Namespace
    Struktur kedua ini adalah nama dari project yang akan dijalankan.
  3. Class Name
    Struktur ketiga ini adalah nama dari Class yang kamu buat dan bisa juga langsung diberi penanda seperti Main Class yang menandakan bahwa Class tersebut adalah Class Utama.
  4. Declaration
    Method Struktur ini merupakan pendeklarasikan method sebagai awal untuk menjalankan metode atau perintah yang ada pada program tersebut, jika didefenisikan dengan “Main” maka metode ini yang dijalankan pertama kali oleh compiler.
  5. Method or Command
    Struktur terakhir ini adalah method atau perintah yang kamu berikan untuk di eksekusi oleh compiler.

Contoh Program Visual C#

Program-program yang terdapat pada Visual C# menampilkan sebuah form yang berisi kotak-kotak yang didalamnya pengguna / user dapat memasukkan informasi sesuai pada perintah dan tombol-tombol user friendly yang dapat diklik untuk menyatakan aksi atau tindakan.

Berikut contoh program hasil dari Visual C#

Didalam method using terdapat kode-kode program lainnya. Ini hanya menampilkan program.cs dari aplikasi tersebut. Putar video dibawah ini untuk melihat hasil dari program pada tabel diatas.

 

Bagaimana sudah mengerti Pengertian Dan Contoh Program Visual C# ? Jika ada yang belum mengerti, kamu bisa berikan pertanyaan di fitur komentar yang dibawah atau juga bisa mengirimkan pertanyaan ke email: support@bierpinter.com

Terima kasih, 

Tinggalkan Balasan