Algoritma Penggantian Page Optimal (Paging)

Algoritma Penggantian Page Optimal (Paging)

Algoritma Penggantian Page Optimal (Paging) – Pada kali ini saya akan membahasa artikel mengenai salah satu Algoritma pada Paging dalam sistem operasi. Apasih Paging itu? Paging merupakan suatu sistem yang mengimplementasikan ruang alamat besar pada memory kecil menggunakan index register, base register, dan segment register, dll. Alogritma Page Optimal ini merupakan salah satu cara untuk mengindentifikasi page fault yang berarti harus diputuskan page frame nya di real memory yang harus diganti.

Kinerja sistem akan lebih baik jika page yang diganti dipilih yang tidak akan digunakan dimasa mendatang. Jika page yang diganti akan kembali digunakan, maka page akan dikembalikan secepatnya yang berarti terjadi page fault berulang kali. Berbeda dengan Algoritma Penggantian Page yang lain, Algorimat Penggantian Page Optimal dapat terdiri dari beberapa page. Tergantung pada jumlah page yang diinginkan dalam terjadinya suatu proses tersebut.

Algoritma Penggantian Page Optimal

Mekanisme dasar dari algoritma ini adalah memilih page yang berpeluang paling kecil dipakai kembali di masa yang akan datang. Strategi ini akan menghasilkan jumlah page fault yang paing sedikit. Algoritma ini adalah algoritma utopia (ideal tanpa dapat dijadikan kenyataan) karena tidak mungkin dibuat prosedur yang dapat mengethaui pemakaian suatu page kembali di masa yang akan datang. Metode ini tidak mungkin dapat diterapkan.

Contoh :
String pengacuan yang dilakukan pada saat mengeksekusi program adalah (3 Page) :
2 3 2 1 5 2 4 5 3 2 5 2

Solusi

String Pengacuan 232152453252
222222444222
33333333333
155555555
FaultFFFFFF

Fault yang terjadi adalah sebanyak 6 Fault.

Karena kita menggunakan Algoritma Penggantian Page Optimal (3 Page), maka hanya terdapat 3 Frame disetiap eksekusi program tersebut. Sehingga solusinya dapat kita lihat dalam tabel diatas. Fault adalah suatu page yang digantikan oleh page yang lainnya karena suatu kondisi tertentu. Untuk memperjelas solusinya, kalian dapat melihat video tutorialnya pada channel youtube kami. Bierpinter

Oke teman-teman, itu adalah Alogritma Penggantian Page Optimal dalam sebuah Paging. Aloritma ini sering digunakan oleh teknik Informatika dalam menentukan jumlah fault dalam mengeksekusi suatu program. Algoritma Penggantian Page Optimal ini juga merupakan salah satu materi dalam Sistem Operasi yang tergolong pada Management Memory. Sekian dari saya… Salam IT ^_^

Baca juga artikel pengetahuan lainnya : Pengetahuan

 

Tinggalkan Balasan