Apa itu Infiltrasi ?

Apa Itu Infiltrasi Dalam Bidang Politik, Agama, Budaya, Ekonomi

Apa Itu Infiltrasi, infiltrasi merupakan ancaman bagi Indonesia. Infiltrasi dalam bahasa kewarganegaraan mempunyai arti penyusupan.

Arti Infiltrasi: kegiatan penyusupan perorangan atau kelompok melalui celah atau kelemahan-kelemahan dalam wilayah lawan untuk menghancurkan kekuatan lawan.

Dari pengertian tersebut kita ambil contoh saja, salah satu contohnya yaitu masuknya kebudayaan asing ke Indonesia, masuknya kebudayaan asing ke indonesia melalui celah-celah kehidupan merupakan ancaman bagi warga Indonesia.

Warga Indonesia menerima dengan terbuka budaya asing tersebut tanpa disaring, maksudnya tanpa difikirkan terlebih dahulu apakah kebudayaan itu berdampak negatif atau positif bagi kita. Infiltrasi dapat mengenai aspek bidang manapun yaitu: politik, ekonomi, sosial, kebudayaan, dll.

APA ITU INFILTRASI dalam bidang lain nya?

Dalam Bidang Ekonomi

Dalam Bidang Politik, Agama, Budaya, Eknomi, Dan Lainnya

Gambar 1.1 – Barang Impor masuk tanpa diseleksi terlebih dahulu

Infiltrasi bisa juga merupakan peluang sebagai bangsa asing mengirimkan barang (impor) masuk ke dalam Indonesia lebih mudah dan murah sehingga membuat bangsa Indonesia mengalami kerugian. Contoh nya banyak produk Made In Cina yang ada dimana-mana dan lebih murah.

Dalam Bidang Social Budaya & Teknologi

Apa Itu Infiltrasi Dalam Bidang Politik, Agama, Budaya, Eknomi, Dan Lainnyadaya

Gambar 1.2 – Rusaknya generasi anak muda karena trend.

Banyak pengaruh asing masuk melalui celah-celah kebudayaan. Contoh anak zaman sekarang atau remaja sekarang lebih menyukai musik-musik barat yang tidak mendidik dan menurut mereka keren dan banyak acara di televisi yang tidak mendidik, dari situ lah pengaruhnya, tanpa disadari bangsa Indonesia telah melalaikan kebudayaannya sendiri. Malah lebih menyukai budaya asing dari pada budaya sendiri.

Dalam bidang Politik

Hilangnya timur leste dari Indonesia, dan memperebutkan irian jaya.

Bier Pinter baca juga: Di Balik Tragedi Usman dan Harun Dalam Pemerintahan Pak Harto

Dalam Bidang Agama

Banyak orang-orang mengaku islam, tapi dia malah mengadu domba sehingga islam itu hancur dan terbagi menjadi banyak golongan. Masyarakat indonesia banyak yang tidak dapat mengantisipasi hal ini dan seakan tidak peduli. Mereka hanya menganggap remeh ancaman dari infiltrasi, padahal kalau diteliti dan dipahami infiltrasi dapat berdampak buruk pada kehidupan.

Mengapa kita sebagai generasi muda tidak mencoba untuk memulai mengantisipasi ancaman dalam filtrasi ini?

Padahal bangsa kita adalah bangsa yang satu, dengan prinsip BHINEKA TUNGGAL IKA yang makna-nya merupakan ‘berbeda-beda tapi tetap satu’ dan disebutkan dalam pasal.

Isi dari pasal 30 ayat 1 UUD 1945tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam pertahanan dan keamanan Negara ”.

Isi dari pasal 27 ayat 3 UUD 1945 (hasil amandemen) “ setiap warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya  pembelaan Negara ”.

DENGAN PASAL ITU KITA WAJIB MELINDUNGI NEGARA KITA DARI ANCAMAN TERSEBUT UNTUK GENERASI MUDA YANG AKAN DATANG.

Tinggalkan Balasan