Virtual Memory dan Overlay

Virtual Memory Vs Overlay (Sistem Operasi)

Virtual Memory Vs Overlay – Halo sobat IT. Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai beberapa istilah-istilah penting di dalam memory, yaitu Virtual Memory dan Overlay. Kedua istilah ini merupakan bagian yang terdapat di dalam sebuah memory di dalam sistem operasi (Paging).  Di dalam manajer memory, kita harus memaksakan isolasi ruang-ruang alamat tiap proses agar mencegah proses aktif merusak ruang alamat proses lainnya. Sehingga istilah Virtual Memory dan Overlay ini dibuat di dalamnya.

Paging

Program yang dijalankan harus dimuat di memory utama. Masalah muncul ketika program lebih besar dibanding memory utama yang tersedia. Solusi untuk masalah ini adalah :

  • Virtual Memory
  • Overlay

Virtual Memory

Apasih Virtual Memory itu? Virtual memory adalah kemampuan mengalamai ruang memory melebihi memory utama yang tersedia. Gagasan virtual memory adalah ukuran gabungan program, data dan stack melampaui memory fisik yang tersedia. Sistem operas menyimpan bagian-bagian proses yang sedang digunakan di memory utama dan di disk.

Virtual Memory

Virtual Memory juga meningkatkan efisiensi sistem multiprogramming, yang merupakan dua konsep yang saling melengkapi. Prinsip yang berlaku adalah : kecepatan maksimum eksekusi proses di virtual memory dapat sama tapi tak pernah melampaui kecepatan eksekusi proses yang sama di sistem tanpa virtual memory. Virtual memory dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu :

  1. Paging
  2. Segmentasi
  3. Kombinasi Paging dan Segmentasi

Overlay

Program dipecah menjadi bagian-bagian yang dapat dimuat di dalam memory, disebut overlay. Overlay yang belum di perlukan (tidak sedang eksekusi) disimpan di disk, overlay ini dimuatkan ke memory begitu diperlukan (kode overlay akan dieksekusi). Pertukaran (swap) overlay masuk dan keluar memory dilakukan sistem operasi. Pembagian menjadi overlay-overlay dilakukan oleh pemrogram (developer). Pembagian program menjadi potongan kecil dan modular sungguh menghabiskan banyak waktu dan membosankan.

Overlay

Oke teman-teman. Itu adalah perbedaan dari Virtual Memory dan Overlay di dalam sistem operasi. Istilah kedua ini sangatlah penting, apalagi didalam manajemen memory pada suatu sistem operasi. Sekian dari saya… Salam  IT ^_^

Baca juga : Perbedaan Hacker dan Cracker

Tinggalkan Balasan