Cara Bernyanyi Dengan Teknik Vokal

Cara Bernyanyi Dengan Teknik Vokal Yang Baik Dan Benar #Part3

Cara Bernyanyi Dengan Teknik Vokal Yang Baik Dan Benar  #Part3

Inilah Yang Harus Diperhatikan Cara Bernyanyi Dengan Teknik Vokal Yang Baik Dan Benar #Part3

TEKNIK VOKAL YANG BAIK DAN BENAR

1. Phrasering

Phrasering adalah : aturan pemeggalan kalimat yang baik dan benar sehinggah mudah dimengerti dan sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku.

Phrasering terdiri dari dua macam :

  1. Phrasering Kalimat Bahasa
  2. Phrasering Kalimat Musik

2. Register dan Placement

a.Register

Pada Tubuh manusia sudah terdapat 3 register yang dapat dipakai untuk menyanyi. Penggunaan register yang tepat dan mutlak dibutuhkan agar seorang penyanyi tidak kesulitan saat membunyikan nada.

  • Register Bawah atau Register Dada. Register yang dipakai saat mencapai nada-nada rendah. Register ini dipakai dengan cara menekan dan mengembangkan bagian dada saat bernyanyi. Register ini membuat nada-nada rendah menjadi lebih besar, hangat dan mudah digapai.
  • Register Tengah. Register ini otomatis terpakai saat seorang bernyanyi. Tidak perlu ada usaha tertentu untuk menggunakan register ini.
  • Register Atas atau Register Kepala adalah register yang harus dipakai saat menggapai nada-nada tinggi, atau tinggi sekali. Register ini digunakan dengan cara merelaksasi seluruh komponen pembentuk suara sehingga suara seolah-olah ke kepala. Suara yang terproduksi saat menggunakan register atas biasa disebut Falseto

b. Placement

Placement ( penempatan resonansi suara ) Saat udara dari pernafasan diagfrgma ditembakan, maka udara tersebut akan menggetarkan pita suara dan mengeluarkan bunyi. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan seseorang penyanyi adalah menempatkan udara yang baru saja di-tembakan tadi ke daerah resonansi yan benar. Daerah yang dimaksud terletak di seantero tengkorak manusia.

Terdapat beberapa ruang resonansi di tengkorak manusia. Sekitar hidung, rahang bawah, rahang atas, sekitar tulang baji, tengkorak belakang. Daerah resonansi yang benar adalah sekitar tulang baji, didepan , ke atas sedikit dari titik antara dua mata. Jikalau salah penempatan maka suara yang diproduksi juga akan salah, seperti pada orang kebanyakan.

  • Placement sekitar hidung mengakibatkan suara hidung.
  • Placement sekitar rahang bawah mengakibatkan suara rahang
  • Placement di tengkorak bagian belakang mengakibatkan suara yang mendam dibelakang.

3. Vibrato

Vibrato adalah sebuah teknik yang digunakan utuk memuat suara bergelombang / bergetar dengan cepat dan tetap. Vibrato adalah sebuah hasil dari dukungan teknik pernafasan yang baik. Vibrato terjadi ketika anda bernyanyi pada suatu nada tertentu kemudian memindah-mindahkan tinggi rendah nada dengan cepat, ini harus didukung dengan pernafasan yang baik.

Untuk latihan yang sederhana sebagai berikut :

Tempatkan tangan anda ke bawah dada atau di daerah ulu hati.

  1. Sekarang menyanyikan sebuah nada dengan mengucapkan ” a a a a a…” yang tidak terlalu tinggi dengan jangkauan suara anda.
  2. Sewaktu anda sedang menyanyikan sebuah nada ini, tekan, lepas , tekan, lepas, tekan, lepas, daerah  bawah dada tersebut.
  3. Lakukan sebanyak 2 sampai 4 tekanan per detik.

Latihan sederhana lainnya :

  1. Untuk mendapatkan vibrato dalam bernnyanyi yang sebenarnya kita lakukan dengan peralahan atau dengan lambat dahulu, nyanyikan 2 ( dua ) buah nada misalnya Do-Re-Do-Re-Do-Re dengan mengucapkan “a a a a a…” Lakukan dengan santai.
  2. Kemudian nyanyikan dengan sedikit lebih cepat dan semkain cepat. Rasakan getarannya 3 sampai 4 getaran perdetik.
  3. Lakukan ini selama sepuluh menit setiap hari.

Bier Pinter Baca Juga http://bierpinter.com/teknologi/11-singkatan-yang-perlu-kita-tahu-di-dunia-it/

Tinggalkan Balasan