Cara Bernyanyi Dengan Teknik Vokal

Cara Bernyanyi Dengan Teknik Vokal Yang Baik Dan Benar

Cara Bernyanyi Dengan Teknik Vokal Yang Baik Dan Benar  mari kita simak guys!

Bernyanyi dengan teknik vokal yang baik dan benar ialah memproduksi suara yang baik dan benar, sehingga suara yang keluar terdengar jelas, indah, merdu, dan nyaring. Setelah kalian memahami mari kita pelajari lebih lanjut dibawah ini.

Inilah Yang Harus Diperhatikan Cara Bernyanyi Dengan Teknik Vokal Yang Baik Dan Benar

1. Postur

Postur yang baik adalah modal paling penting bagi seorang vokalis agar dapat mengoptimalkan kerja vokalnya. Postur penyanyi sangat berkaitan dengan kinerja organ pernafasan. Pada dasarnya postur yang baik bagi penyanyi adalah postur yang alignment atau lurus tanpa harus terlalu tegak dan tetap rileks.

Pada posisi berdiri, bayangkan titik tertinggi tubuh anda yaitu kepala bagian atas terkait pada seutas tali yang menggantung ke langit-langit sehingga posisi kepala anda tidak menunduk maupun mendongak, dada agak tinggi tetapi tidak membusung, bahu relaks, kaki terbuka selebar bahu.

Postur dasar ini membuat kandang rusuk dan paru-paru leluasa mengembang serta saluran pernafasan membentuk silinder sehingga laju udara tidak terhambat. Latihan yang cukup mudah adalah dengan menyandarkan punggung pada tembok, hingga bagian belakang tubuh dan kepala anda merata.

Tetapi tetap harus terasa natural posisinya. Lalu ada baiknya juga bagi pemula untuk melihat posturnya di cermin, apakah terlalu membusung, terlalu bongkok, dsb.

Bier Pinter baca juga:http://bierpinter.com/pengetahuan/cara-bernyanyi-dengan-teknik-vokal-yang-baik-dan-benar/

Inilah Yang Harus Diperhatikan Cara Bernyanyi Dengan Teknik Vokal Yang Baik Dan Benar

2. Pernafasan

Dalam menyanyi kita mengenal 3 ( tiga ) jenis pernafasan, yaitu :

  1. Pernafasan Bahu
    Pada saat mengambil / menarik nafas  dengan mengangkat bahu untuk mengisi paru-paru. Cara seperti ini tidak begitu baik, karena nafas yang dihasilkan dangkal dan mengakibatkan kalimat jadi terputus-putus.
  2. Pernafasan Dada
    Yaitu dengan membusungkan dada pada saat menarik nafas untuk mengisi paru-paru. Cara seperti ini juga tidak begitu baik, karena jadi terkesan cepat lelah dan akibatnya suara jadi tidak stabil dan terputus-putus.
  3. Pernafasan Diagfragma
    TEKNIK VOKAL YANG BAIK DAN BENARPernafasan ini disebut juga dengan pernafasan rongga perut, yaitu menarik / mengambil nafas untuk mengisi paru-paru dengan mengembangkan rongga perut atau diagfragma, serta mengembangkan tulang rusuk. Cara inilah yang terbaik yang dilakukan untuk menyanyi, karena akan menghasilkan nafas yang panjang, ringan, santai, dan produksi suara lebih bermutu.

    Dengan pernafasan diagfragma penyanyi dapat leluasa dalam berekpresi karena tidak ada tekanan dan desakan dalam pernafasan.

    SELANJUTNYA>>>>

Tinggalkan Balasan