Johari Window (Self Awareness-Your Four Selves)

Johari Window (Self Awareness-Your Four Selves)

Johari Window (Self Awareness-Your Four Selves) – Halo teman-teman. Apakah ada yang tahu apa itu Johari Window? Johari Window merupakan salah satu pola untuk menentukan/memahami diri kalian sendiri. Teknik ini merupakan salah satu teknik yang paling sering dipakai oleh banyak orang.

Sejarah Johari Window

Johari Window merupakan teknik yang membantu orang dalam memahami orang lain dengan baik. Teknik ini diciptakan atau dibuat oleh dua orang psikologi yang bernama Joseph Luft (1916-2014) dan Harrington Ingham (1916-1995) pada tahun 1955. Pada saat itu, teknik Johari Window ini digunakan pada kelompok swadaya dan pengaturan perusahaan sebagai latihan heuristik. Sesuai dengan penciptanya, kata dari “Johari” sendiri merupakan gabungan dari kedua nama tersebut, yaitu Joseph dan Harrington.

Joseph Luft dan Harrington Ingham

Joseph Luft dan Harrington Ingham 2

 

Makna dari Johari Window

Johari Window yang telah diciptkan oleh Joseph Luft dan Harrington Ingham digambarkan menjadi sebuah gambaran jendela yang nyata (seperti pada gambar diatas). Gambar ini menggambarkan 4 pola sudut pandang dalam suatu pemahaman diri (Self Awereness). 4 pola yang diciptakan dari gambar tersebut merupakan 4 gambaran diri kalian sendiri (Your Four Selves). Dimana setiap pola tersebut memiliki artinya masing-masing. Pola-pola tersebut, yaitu :

Makna dari Johari Window

  1. Open Selfsesuai dengan namanya “Open” yang artinya terbuka merupakan suatu informasi atau keahlian mengenai diri kalian, dimana informasi atau keahlian tersebut diketahui oleh orang lain dan juga oleh diri kamu sendiri. Open Self ini menunjukkan bahwa kalian dapat memahami diri kalian sendiri dengan baik.
  2. Blind Selfberdasarkan dari namanya “Blind” yang mengartikan kebutaan. Blind Self ini merupakan suatu informasi atau keahlian mengenai diri kalian, dimana informasi atau keahlian tersebut diketahui oleh orang lain namun tidak diketahui oleh diri kalian sendiri. Blind Self ini seperti bakat terpendam, dimana kalian tidak menyadari keahlian atau informasi yang kalian miliki selama ini.
  3. Hidden Self. “Hidden” atau dalam arti bahasa indonesianya tersembunyi merupakan suatu informasi atau keahlian mengenai diri kalian, dimana informasi atau keahlian tersebut tidak diketahui oleh orang lain namun kalian memilikinya. Hidden Self ini sering terjadi karena sifat kalian yang tertutup maupun malu dalam melakukan keahlian tersebut di depan orang lain.
  4. Unknown SelfPola yang satu ini sangatlah berbeda dengan yang lain, namun ada. Sesuai dengan namanya “Unknown” yang artinya tidak diketahui merupakan suatu informasi atau keahlian mengenai diri kalian, dimana informasi atau keahlian tersebut tidak diketahui oleh orang lain maupun diri kalian sendiri. Lalu bagaimana kita mengetahuinya? Unknown Self ini merupakan sifat terpendam atau bakat terpendam yang secara tiba-tiba muncul pada saat tertentu. Nah, apabila sifat tersebut telah kalian ketahui atau diketahui oleh orang lain, maka sifat Unknown Self tersebut berubah menjadi Hidden Self maupun Blind Self.

 

Oke teman-teman, itu merupakan penjelasan dari Johari Window. Johari Window merupakan salah satu bagian penting di dalam teknik pemahaman diri (Self Awereness). Dimana teknik ini dapat membantu kita dalam menentukan 4 gambaran diri kalian sendiri. Sekian dari saya… Salam IT ^_^

Baca juga : Apa itu Virtualisasi ? (Pengertian, Bentuk, dan Jenis)

Tinggalkan Balasan