Perbedaan Mobil Listrik dan Mobil Bensin

Perbedaan Mobil Listrik dan Mobil Bensin

Perbedaan Mobil Listrik dan Mobil Bensin – Tahukah kalian, bahwa sekarang di negara-negara maju seperti China (Tiongkok), Jepang, dan Amerika Serikat sedang merencanakan program mobil listrik? Program mobil listrik ini bertujuan untuk menjaga lingkungan dunia terhadap asap yang biasanya ditimbulkan oleh mobil-mobil berbahan bakar bensin. Namun apa sih yang membedakannya? Dan mana kah yang lebih baik? Berikut adalah adalah perbedaannya.

Sejarah Mobil Listrik dan Mobil Bensin

Mobil Listrik

Perbedaan Mobil Listrik dan Mobil Bensin - Mobil Listrik

Mobil Listrik ini berhasil ditemukan pada tahun 1900-an oleh beberapa penemu. Diantaranya yaitu : Robert Anderson, Thomas Davenport, dan Gaston Plante. Bahan utama dari mobil ini adalah listrik yang merupakan sumber daya yang tidak terbatas (Salah satu sumber daya yang dapat diperbaharui). Dalam pembuatanya, mobil listrik ini menggunakan mesin Electric Motor Engine. Dimana cara kerja dari mesin ini berasal dari pergerakan dari gaya elektromagnetik.
Jarak tempuh yang dapat dilakukan oleh mobil listrik ini sekitar 386 km (dengan menggunakan Tesla Model S) dan memiliki kecepatan maksimal sekitar 334 km/jam. Pada saat ini perusahaan-perusahaan yang memproduksi mobil listrik ini adalah Tesla, Toyota, BMW, Nissan, dan Ford. Contoh dari mobil listrik ini adalah : Tesla Model S, Nissan LEAF, BMW i3, Ford Focus Electric, dan Volkswagen e-Golf.

Mobil Bensin

Mobil Bensin

Siapa yang tidak mengenal salah satu jenis mobil ini? Mobil bensin ini ditemukan oleh Karl Benz pada tahun 1886. Bahan utama dari jenis mobil ini adalah bensin. Dimana sumber daya dari bensin ini termasuk terbatas dan menimbulkan berbagai efek berbahaya khususnya pada lingkungan. Bahan bakar bensin ini pun sering menimbulkan asap buangan yang menyebabkan polusi udara. Dalam pembuatannya, mobil bensin ini menggunakan mesin Combustion Engine. Dimana cara kerja dari mesin ini adalah pembakaran/ledakan berskala kecil yang terkontrol.
Jarak tempuh maksimal yang dapat ditempuh dari mobil bensin ini sekitar 600 km (Mitsubishi Mirage) dan memiliki kecepatan maksimal sekitar 431 km/jam. Mobil bensin ini diproduksi oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Ford, Toyota, Mitsubishi, MercedesBenz, Daihatsu, dan lain sebagainya. Beberapa contoh mobil bensin adalah : Mitsubishi Lancer, Toyota Yaris, Daihatsu Xenia, dan BMW 318.

Cara Kerja Mobil Listrik dan Mobil Bensin

Mobil Bensin (Combustion Engine)

Combustion Engine merupakan mesin yang digunakan pada mobil bensin. Mesin ini biasanya diletakkan di dalam kap mobil bagian depan. Dari segi ukurannya, mesin ini relative berukuran besar dan menempati bagian yang cukup besar dari mobil tersebut.

Kap Mobil

 

Cara kerja dari mesin Combustion Engine ini adalah sebagai berikut :

Cara Kerja Combustion Engine

Mobil Listrik (Electric Motor Engine)

Electric Motor Engine merupakan mesin yang digunakan pada mobil listrik. Mesin ini biasanya sering ditempatkan pada roda atau cakram pada roda depan mobil. Mesin ini berfungsi seperti dinamo yang sering ditemukan pada mobil mainan.

Mesin Electric Motor Engine Mesin Electric Motor Engine 2

Mesin Electric Motor Engine ini memiliki cara kerja yang sangat berbeda dengan mesin mobil bensin. Mesin ini berbentuk seperti tabung, sehingga menimbulkan medan elektromagnetik yang dapat memberikan gaya gerak memutar layaknya seperti dinamo. Cara kerja dari mesin Electric Motor Engine adalah sebagai berikut :

Cara kerja Electric Motor Engine 1 Cara Kerja Electric Motor Engine 2

 

Menarik bukan? Teknologi perkembangan mobil saat ini telah mencapai mobil listrik. Namun, mobil listrik ini memiliki banyak perbedaan dengan mobil bensin sebelumnya. Kekurangan dan Kelebihan pun menyelimuti teknologi ini. Kita hanya perlu memahaminya dan memutuskan mana yang lebih baik untuk kita. Sekian dari saya… Salam IT ^_^

Baca juga : Penemu Handphone Pertama Didunia

 

Tinggalkan Balasan