Sejarah Unified Modeling Language (UML)

Sejarah Unified Modeling Language (UML)

Unified Modeling Language (UML) – Halo teman-teman. Pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan mengenai Sejarah Unified Modeling Language atau yang sering disebut UML. Tapi sebelumnya, apa sih UML itu? Bagimana sih sejarah munculnya UML itu? Semua pertanyaan kalian akan saya bahas pada artikel ini.

1. Penjelasan Singkat Unified Modeling Language (UML)

UML

UML (Unified Modeling Language) merupakan bahasa untuk visualisasi, spesifikasi, kontruksi, dan dokumentasi artifak-artifak perangkat lunak yang dibuat dengan menggunakan pendekatan berorientasi objek. UML ini dibuat untuk standarisasi pemodelan hasil analisis dan perancangan perangkat lunak berorientasi objek.

2. Sejarah Unified Modeling Language (UML)

Pencipta UML

Bahasa UML ini pertama kali diciptakan bersama-sama oleh Grady, James Rumbaugh, dan Ivar Jacobson pada tahun 1994. Unified Modeling Language ini diakui sebagai standar pemodelan objek oleh Object Management Group (OMG) pada tahun 1997. UML ini memiliki sejarahnya tersediri juga, mulai dari 1990 hingga diperbaharui hinggal tahun 2005. Berikut adalah contoh skema dari sejarah UML :

Sejarah UML

3. Bahasa Pemodelan Unified Modeling Language (UML)

Di dalam suatu Unified Modeling Language terdapat beberapa bahasa pemodelannya. Dimana setiap bahasa pemodelan memilik arti tersendiri dalam pengaplikasiannya. Bahasa pemodelannya, yaitu :

  • Pemodelan Use-case.  Use case ini berfungsi untuk menggambarkan apa yang dilakukan sistem saat berinteraksi atau menanggapi event yang diterima dari entitas luar, seperti pemakai (user), admin, dan sistem lainnya.
  • Pemodelan Kelas dan Objek. Pada model ini kita harus memiliki kelas dan objeknya terlebih dahulu daru dapat membuatnya. Dimana kelas dan objek itu berperan di dalam suatu sistem yang hendak kalian buat sebelumnya.
  • Pemodelan Komponen. Komponen Diagram (Component Diagram) itu sendiri berperan dalam menggambarkan arsitektur fisik perangkat lunak secara menyeluruh dalam bentuk komponen-komponen dan packages.
  • Distribution and Deployment Modeling. Deployment Diagram menggambarkan suatu komponen-komponen fisik dari sistem seperti pemrosesan, workstation, dan jaringan sebagai tempat dimana perangkat lunak dideploy.

 

Oke teman-teman, berikut adalah penjelasan dan sejarah singkat dari Unified Modeling Language (UML). UML ini sering sekali kita gunakan untuk menggambarkan suatu kejadian di dalam suatu sistem, baik menggunakan model Use Case Diagram, Class Diagram, Activity Diagram, dll. Semua itu dilakukan untuk virtualisasi, spesifikasi, kontruksi dan dokumentasi perangkat lunak yang dibuat. Sekian dari saya… Salam IT ^_^

Baca juga : 10 Laptop Gaming Terbaik pada Tahun 2017

Tinggalkan Balasan