Sejarah Komputer Generasi Pertama

Sejarah Komputer Generasi Pertama

      Tak ada komentar pada Sejarah Komputer Generasi Pertama

Sejarah Komputer Generasi Pertama – Halo teman-teman, pada artikel ini saya kan membahas mengenai sejarah komputer pada generasi pertama. Generasi pertama ini membahasa mengenai munculnya Vacuum tube dan Plugboards pertama kali di dunia. Ini merupakan langkah awal dari semua dasar komputer.

Asal Mula Munculnya Sejarah Komputer Generasi Pertama

Charles BabbageSistem operasi telah mengalami perubahan dari tahun ke tahun. Digital komputer yang pertama didesain oleh seorang pakar matematika Charles Babbage (1792-1871). Charles Babbage ini telah menghabiskan seluruh hidup dan masa depannya hanya untuk mencoba membangun “analytical engine” tetapi dia tidak pernah berhasil membuatnya bekerja dengan sepenuhnya. Karena desain mekanisnya kurang dan teknologi pada masa tersebut tidak memproduksikan roda, roda gigi, roda gigi kecil dan bagian lain dari mekanik tersebut dengan tingkat presisi yang tinggi. Sehingga dapat dikatakan bahwa analytical engine tidak mempunyai operating system.

Generasi Pertama (1945-1955) : Vacuum Tube dan Plugboards

Sejarah Komputer Generasi PertamaSetelah tujuan dari Charles Babbage tidak terpenuhi, sistem operasi ini tetap berlanjut dengan membangun digital komputer hingga PD II. Pada tahun 1940an, Howard Aiken dari Havard, Jon Von Neumann dari Princeton, J. Presper Eckert dan William Mauchley dari universitas Pennsylvania, dan Konrad Zuse dari Jerman, salah satunya berhasil membangun mesin hitung dengan menggunakan vacuum tubes. Mesin ini sangatlah besar, hingga dapat memenuhi seluruh ruangan dengan 10.000 vacuum tubes. Kecepatannya pun lebih lama serta menjadi komputer termurah jika pada masa saat ini.

Vacuum Tube

Vacuum Tube

Di awal masa ini (Generasi Pertama). Ada sekelompok orang mendesain, membangun, memprogram, mengoperasikan dan menjaga tiap mesin. Seluruh program telah dibuat secara absolute ke dalam bahasa mesin. Seringkali dihubungkan dengan plugboards untuk mengatur fungsi dasar mesin tersebut. Bahasa pemrograman pada saat itu masih belum ada (bahkan bahasa assembly). Sistem operasi belum terdengar pada saat itu. Semua permasalahan secara langsung merujuk kepada perhitungan angka, seperti membuat tabel sin dan cos. Pada awal 1950an, rutinitas berkembang bersama dengan pengenalan pada sebungkus kartu. Sekarang dapat dimungkinkan untuk menulis program pada kartu dan membacanya dengan menggunakan plugboard tetapi prosedurnya tetap sama.

Plugboards

Plugboards – Connection Panel of an IBM 402

Plugboard

Plugboard – Panel with Connections Made

 

 

 

 

 

 

Oke teman-teman, itu adalah penjelasan singkat dari Sejarah Komputer pada Generasi Pertama (1945-1955). Dalam sejarah generasi pertama ini, kita akan mengetahui bagaimana munculnya sebuah vacuum tube dan plugboards yang merupakan dasar dari terbentuknya sistem operasi. Pada generasi pun, belum tercipta bahasa pemrograman bahkan bahasa assembly pun belum ada pada saat itu. Cukup menarik kan teman-teman? Sekian dari saya… Salam IT ^_^

Baca juga : Sejarah Munculnya Bahasa Pemrograman Java

Tinggalkan Balasan