Jurusan Terbaik Yang Sering Dicari Perusahaan - Bier Pinter

5 Jurusan Terbaik Yang Sering Dicari Perusahaan

Jurusan Terbaik Yang Sering Dicari Perusahaan – Punya masa depan atau karir yang baik dikemudian hari adalah harapan setiap orang termasuk mahasiswa yang memberikan waktunya 4 tahun lagi demi menggapai cita-citanya. Terkadang apa yang kita harapakan di masa depan sering bertentangan dengan apa yang diharapkan oleh orang tua.

Nah, buat kamu yang baru tamat sekolah dan bingung mau memilih jurusan apa ? Jangan khawatir, menurut data yang telah dikumpulkan dan dianalisa. Ternyata ada 10 Jurusan Terbaik yang sering dicari oleh perusahaan baik lokal maupun internasional. Hal ini bukan berarti menutup kemungkinan jurusan lain untuk mendapatkan perusahaan terbaik juga ya. Asalkan ada kerja keras dan tekat semua pasti dapat dicapai.

Ini Dia, 5 Jurusan Terbaik Yang Sering Dicari Perusahaan

Ilmu Komputer

Jurusan Terbaik Yang Sering Dicari Perusahaan

Gambar 1. A – Mahasiswa sedang mengerjkan tugasnya.

Jangan aneh lagi soal jurusan ini, menurut perkembangan zaman Ilmu Komputer hampir disetiap perusahaan telah menggunakannya. Wajar saja, dengan adanya bantuan teknologi seperti sekarang segala pekerjaan semakin mudah dikerjakan. Perusahaan-perusahaan kecil maupun besar pasti memiliki minimal 1 orang yang ahli atau menguasai dibidang ilmu komputer.

Berikut Perusahaan yang membutuhkan karyawan sarjana IT:

  1. Telekomunikasi
  2. Kedirgantaraan dan Pertahanan
  3. Jasa Keuangan
  4. Industri
  5. Ritel
  6. Sektor
  7. Pemrograman
  8. Periklanan
  9. Konsultan
  10. Dll.

Masih banyak lagi yang belum disebutkan. Pada intinya jurusan ini selalu ada dalam setiap perusahaan maupun organisasi.

Teknik Sipil

Jurusan Terbaik Yang Sering Dicari Perusahaan

Gambar 1. B – Pekerja Teknik Sipil sedang merancang konsep pembangunan.

Benar tidak, bahwa setiap infrastruktur, gedung, hotel, mall, kantor perusahaan, jalan raya dan masih banyak lagi itu semua yang membuat adalah seorang teknik sipil. Setiap lulusan teknik sipil dapat bekerja di bidang yang melibatkan design, pengembangan dan pembangungan dalam skala besar maupun kecil.

Para lulusan jurusan teknik sipil akan bekerja sama dengan klien untuk merencanakan dan mengolah sebuah proyek. Setelah memiliki pengalaman kerja yang luas, mereka akan dipromosikan menjadi seorang manager yang hanya bertugas memonitor setiap proyek yang sedang berjalan.

Baca juga: Kejayaan Pak Harto Lebih Besar Daripada Presiden Lain

Biometrics

Jurusan Terbaik Yang Sering Dicari Perusahaan

Gambar 1.C – Seorang Biometrics sedang merancang organ tubuh manusia.

Bidang studi biometrics memberikan pengajaran kepada mahasiswa tentang cara membangun perangkat identifikasi otomatis seperti sistem identifikasi struktur wajah manusia. Industri dalam bidang ini diperkirakan akan terus meningkat hingga $ 363.000.000 pada tahun 2018 menurut New York Transparency Market Research. Ilmu biometrics mengacu pada metrik yang terkait dengan karakteristik manusia beserta sifat-sifatnya.

Hasil Identifikasi tersebut digunakan dalam ilmu komputer sebagai sistem program dan kontrol akses.Ilmu biomterics membutuhkan identifikasi yang khusus karena karakteristik subjek yang diteliti digunakan dalam label untuk menggambarkan individu. Pengidentifikasian ini sering digunakan sebagai cabang fisiologis terhadap karakteristik perilaku makhluk hidup.

Perlu minat yang lebih untuk memilih jurusan ini, dan tidak semua universitas menyediakan jurusan tersebut.

Teknik Perminyakan

Jurusan Terbaik Yang Sering Dicari Perusahaan

Gambar 1.D – Pekerja sedang melihat data perminyakan

Tentu saja jurusan ini termasuk dalam  5 Jurusan Terbaik Yang Sering Dicari Perusahaan karena hampir setiap ekosistem yang ada didunia ini membutuhkan minyak. Sebuah minyak tidak dapat diperoleh konsumen jika tidak ada yang mengelola sebelumnya. Pada tamatan jurusan ini, mereka akan terlibat bekerja sejak awal untuk pengujian tanah hingga saat proses penyelesaian pengeboran untuk memperoleh minyak.

Biasanya peran mereka antara lain: memberikan kontrak layanan pengeboran, design engineering, perencaan sumur dan mengawasi kru dalam pengeboran dilokasi. Mereka akan bekerjasama juga dengan bidang jurusan lain, seperti: insinyur geologi dan geoscientist untuk meninjau proses pengeboran, mengawasi manajemen keselamatan dan menjamin perlindungan lingkungan.

Sistem Informasi Manajemen

Jurusan Terbaik Yang Sering Dicari Perusahaan

Mungkin ada beberapa yang bertanya, kenapa ini dijadikan sebuah jurusan padahal jurusan ini kerap ditemui disetiap mata kuliah pada jurusan-jurusan yang umum. Simple, bahwa untuk mengerti secara keseluruhan jurusan ini dibutuhkan penguasaan materi dan ini tidak ditemukan di mata kuliah pada jurusan yang umum.

Output setelah tamat dari jurusan ini adalah para lulusan akan bertanggung jawab pada sistem komputer dalam perusahaan atau organisasi dimana tempat mereka bekerja. Pekerjaan yang biasa dilakukan, yaitu:

  1. Mengoperasikan sistem secara efektif
  2. Menyelidiki error pada sistem
  3. Perencanaan strategis
  4. Membuat data perusahaan yang akurat
  5. Membeli perangkat keras dan perangkat lunak
  6. Mengoperasikan komputer yang terkait dengan sistem

SDM (Sumber Daya Manusia) dalam setiap perusahaan sering mencari jurusan ini untuk mengisi bangku kosong dalam perusahaan. Karena biasanya, pekerjaan ini hanya bertahan 5 tahun saja di satu perusahaan dan setelah itu mereka akan pindah ke perusahaan lain guna menambah ilmu dibidang Sistem Informasi Manajemen.

Gimana guys ? Sudah tahukan sekarang 5 Jurusan Terbaik Yang Sering Dicari Perusahaan. Tapi jangan khawatir ya buat jurusan yang gak termasuk pada daftar diatas. Karena pada intinya, setiap hasil yang bagus itu butuh proses yang lebih dan usaha keras. Semoga bermanfaat !

Tinggalkan Balasan