Starbucks Menerapkan Qi Wireless Charging di Setiap Gerai

Starbucks Menerapkan Qi Wireless Charging di Setiap Gerai

Starbucks Menerapkan Qi Wireless Charging di setiap gerai dalam waktu dekat ini, namun tidak semua metode pengisian nirkabel dapat dipasang disemua tempat. Wajar saja, karena jumlah gerai starbucks sangatlah banyak, sehingga membutuhkan jumlah produksi yang banyak untuk memiliki alat Qi Wireless Charging.

Powermat memasang ribuan bantalan pengisian daya di kedai Starbucks yang menggunakan standar Power Matters Alliance (PMA). Semua smartphone dapat menggunakan alat ini hanya dengan mengupgrade sistem handphone tersebut.

Apa itu Qi Wireless Charging ?

Qi Wireless Charging adalah standar universal untuk pengisian nirkabel perangkat yang dioperasikan dengan baterai. Alat ini sering digunakan pada: ponsel, iPod, pemutar MP3 dan kamera. Transfer daya nirkabel terjadi melalui induksi elektromagnetik.

Keuntungan terbesar dari Qi Wireless Charging technology adalah bahwa ponsel dan charger dari berbagai manufaktur kompatibel. Satu-satunya persyaratan adalah bahwa kedua bagian – pengirim dan penerima – memenuhi spesifikasi Qi.

Oleh karena itu, setiap perangkat yang diaktifkan Qi kompatibel dengan setiap pemancar pengisian Qi, apa pun pabrikan atau perangkatnya. Sejumlah ponsel, termasuk dari pemimpin pasar seperti Nokia, Samsung, Sony, LG, Motorola dan HTC, sudah sesuai dengan standar Qi dan oleh karena itu dapat dikenakan oleh Qi Charging Station.

Baca juga: Tidak Butuh Waktu Lama, Kini Intel Akan Merilis Intel Core Generasi ke-8

Dengan daya induktif yang dibutuhkan mencapai perangkat tidak melalui kabel biasa namun secara nirkabel melalui penggunaan medan elektromagnetik. Prinsipnya sangat sederhana: Qi Sender (Charging Station) mentransfer energi yang dibutuhkan ke receiver Qi (ponsel).

Untung bagi Starbucks dan pelanggannya, penggantian penuh perangkat keras tidak diperlukan. Pengisian daya nirkabel bekerja dengan membuat medan listrik menggunakan kumparan kawat. Kemudian kedua kumparan kawat menerima energi dan mengubahnya dari medan kembali ke listrik yang dapat digunakan untuk mengisi baterai. Standar pengisian nirkabel mengatur bagaimana proses ini dilakukan.

Starbucks Menerapkan Qi Wireless Charging di Setiap Gerai

Starbucks Menerapkan Qi Wireless Charging Di Masa Yang Akan Datang

Akibatnya, update firmware untuk sistem Powermat yang ada di tempat dapat dikeluarkan untuk mendukung Qi Wireless Charging. Hampir semua standar pengisian nirkabel lainnya akan disertakan di masa depan. Unit Powermat komersial yang digunakan Starbucks akan menghasilkan daya 7.5W untuk ketiga varian iPhone baru. Ini masih jauh lebih lambat daripada menggunakan solusi kabel yang dapat memberikan daya tahan 18W.

Saat ini belum ada jadwal resmi untuk implementasi Qi Wireless Charging di lokasi Starbucks, namun diharapkan update firmware akan segera diluncurkan sesegera mungkin dalam upaya untuk mengalahkan peluncuran iPhone 8/8 + dan iPhone X.

Tinggalkan Balasan