Cara Membuat Flashdisk Bootable

Cara Membuat Flashdisk Bootable (Rufus)

      Tak ada komentar pada Cara Membuat Flashdisk Bootable (Rufus)

Cara Membuat Flashdisk Bootable (Rufus) – Halo sobat sekalian, tahukah kalian bahwa kita dapat membuat suatu bootable dengan menggunakan flashdisk? Tentunya bisa yah teman-teman. Sarana pembuatan bootable yang dulunya menggunakan CD/DVD, sekarang telah berubah menjadi flashdisk. Namun, sarana flashdisk bootable ini sendiri memiliki efek positif dan negatifnya tersendiri.

Apa sih Flashdisk Bootable itu

Flashdisk bootable merupakan suatu perangkat yang dapat secara automatis mem-booting file .iso kedalam suatu komputer. Perangkat yang dimaksud adalah flashdisk, yang merupakan sarana bootable lain setelah perangkat CD/DVD. Dengan adanya flashdisk bootable ini, kita dapat menginstall file .iso (seperti sistem operasi Windows) secara langsung dengan menggunakan bantuan flashdisk. Tentunya, dalam pembuatan flashdisk bootable ini sendiri membutuhkan aplikasi khusus dalam pembuatanya.

Flashdisk bootable ini memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Salah satu kelebihannya yaitu mudah digunakan dalam pembuatan bootable disk. Flashdisk juga sangat mudah untuk diformat, sehingga dapat dipergunakan kembali sebagai fungsi utamanya sendiri. Sedangkan untuk kelemahannya, yaitu flashdisk bootable sangat rentan dalam terjadinya kerusakan bootable. Kerusakan bootable tersebut biasanya terjadi karena kurangnya kapasitas flashdisk, maupun kualitas flashdisk yang tergolong buruk.

Cara Membuat Flashdisk Bootable

Pada kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat flashdisk bootable pada komputer kalian. Hal yang harus kalian siapkan adalah :

  1. Sediakan 1 buah Flashdisk kosong dengan kapasitas yang cukup untuk file .iso kalian
  2. Sediakan aplikasi pembuatan Flashdisk bootable, seperti Rufus
  3. Sediakan file .iso yang ingin kalian gunakan, seperti Windows 7,8,10,XP, dan lain-lain

Kunjungi : Rufus 2.2.668 – Application for Flashdisk Bootable

Setelah kalian memiliki semua komponen yang ada diatas, langkah selanjutnya adalah membuat flashdisk bootable itu sendiri. Pada kali ini saya menggunakan aplikasi Rufus untuk proses pembuatan flashdisk bootable ini. Langkah-langkahnya adalah :

1. Buka aplikasi Rufus

Rufus

Gambar diatas merupakan contoh tampilan icon pada aplikasi Rufus yang saya miliki. Kalian hanya perlu mengklik nya dua kali untuk membuka aplikasi tersebut. Aplikasi ini tidak membutuhkan proses penginstallan, sehingga dapat digunakan secara langsung.

2. Memilih File .iso yang diinginkan

Settingan Rufus

Gambar diatas merupakan contoh tampilan aplikasi Rufus saat telah dibuka. Langkah selanjutnya adalah memilih target disk kalian (file .iso). Kalian dapat memilihnya dengan cara mengklik lingkaran pada contoh gambar diatas. Kemudian kalian hanya perlu memilih lokasi keberadaan file .iso kalian.

3. Memulai Pembuatan Flashdisk Bootable

Start Rufus

Kalian dapat memulai proses pembuatan flashdisk bootable kalian dengan cara mengklik lingkaran seperti contoh pada gambar diatas. Kemudian kalian hanya perlu menunggu hingga proses pembuatan flashdisk bootable itu selesai.

4. Tanda Pembuatan Flashdisk Bootable Selesai

Rufus selesai

Gambar diatas merupakan contoh tampilan pada saat proses pembuatan flashdisk bootable kalian selesai. Ciri-ciri proses pembuatan flashdisk bootable itu selesai adalah adanya tulisan “1 device found“. Atau kalian dapat meng-chek file auto-run pada flashdisk kalian.

File Rufus

Oke teman-teman, itu adalah pembahasan singkat mengenai apa itu Flashdisk Bootable dan bagaimana cara membuatnya. Flashdisk bootable adalah salah satu perangkat alternatif dalam pembuatan bootable disk apabila tidak adanya CD/DVD. Namun dalam pembuatan flashdisk bootable ini sendiri memerlukan program aplikasi khusus tersendiri dalam pembuatannya. Sekian dari saya… Salam IT ^_^

Baca juga : Cara Registrasi Ulang Kartu Telkomsel, Indosat, XL, Tri, Smartfren

 

Tinggalkan Balasan