Cara Menambah Jenis Font di Komputer

Cara Menambah Jenis Font di Komputer

      Tak ada komentar pada Cara Menambah Jenis Font di Komputer

Cara Menambah Jenis Font di Komputer – Font merupakan salah satu bagian terpenting dalam suatu program maupun aplikasi website dan lain-lain. Sehingga banyak sekali orang yang mencari jenis font pilihan yang membuat teks mereka menarik dan indah. Tahu kah kalian? Bahwa kita dapat menambahkan jenis font baru pada komputer kita? Tentu bisa yah teman-teman. Penambahkan jenis font ini dilakukan untuk menambahkan jenis font yang unik dan berbeda dari biasanya. Berikut adalah langkah-langkah untuk menambahkan jenis font di komputer kalian :

1. Download Source Font yang Kalian Inginkan

Untuk menambahkan jenis font, tentunya kalian harus memilih jenis font yang kalian inginkan. Kalian dapat mencari berbagai jenis font yang unik pada search engine google. Atau kalian dapat mengunjungi “Google Fonts” untuk mengdownload secara free jenis font yang kalian inginkan. Berikut adalah contoh tampilan file yang saya download :

Download Jenis Font

File yang kalian download akan berextensi .zip . Didalam file inilah akan terdapat kumpulan beberapa jenis font yang baru, yang dapat kalian pilih dan gunakan pada komputer kalian.

2. Membuka Source Font yang Telah Kalian Download

Langkah selanjutnya adalah membuka source file tersebut. Kalian dapat menemukan lokasi source file yang telah kalian download dengan cara mengklik “Show in Folder”. Berikut adalah contoh tampilannya :

Show in Folder

Kemudian kalian tinggal mengklik dua kali pada file tersebut (klik kiri). Hingga muncul tampilan seperti ini :

Membuka Source File Font

Jika kalian memakai Windows 8, kalian akan secara otomatis mendapatkan program WinRAR pada komputer kalian. Program WinRAR inilah yang dapat mengakses file .zip tersebut sehingga dapat diakses oleh komputer kita.

3. Menginstall Source Font Tersebut

Langkah terakhir adalah menginstall source font tersebut. Caranya mudah kok, kalian hanya perlu memilih file yang bertipe True Type font file pada WinRAR kalian. Kemudian mengkliknya dua kali (klik kiri) sehingga muncul layar seperti ini :

Menginstall Jenis Font pada Komputer Kalian

Klik Install

Kemudian kalian tinggal mengklik tombol install pada jendela tersebut. Penginstallan font ini tidak akan memakan waktu yang lama. Sehingga sangat cepat untuk dilakukan.

4. Kalian Memakai Jenis Font Tersebut pada Komputer Kalian

Setelah kalian menginstallnya, kalian dapat menggunakan jenis font tersebut. Jenis font ini akan muncul disetiap program aplikasi yang kalian gunakan pada komputer kalian. Baik itu, Photoshop, Netbeans, Ms.Word, Ms.Excel, Ms.PowerPoint, dan program aplikasi lainnya. Berikut adalah contoh tampilan jenis font pada program aplikasi saya :

Font Baru Pada MS.Word

Jenis Font Baru pada Photoshop Jenis Font Baru pada Netbeans

Oke teman-teman. Menarik bukan? Banyak sekali orang yang tidak tahu untuk menambahkan jenis font baru pada komputer mereka. Oleh karena itu, mereka hanya memakai jenis-jenis font yang disediakan pada pabrikan komputer mereka. Padahal caranya mudah kan teman-teman? Semoga artikel ini bermanfaat yah. Sekian dari saya… Salam IT ^_^

Baca juga : Cara Membuat Tic Tac Toe di Visual Studio 2017

Tinggalkan Balasan