Cara Registrasi Nomor Kartu Prabayar

Cara Registrasi Ulang Kartu Telkomsel, Indosat, XL, Tri, Smartfren

Cara Registrasi Ulang Nomor Kartu Prabayar – Halo teman-teman sekalian. Apakah kalian tahu? Bahwa mulai tanggal 31 Oktober 2017 akan ada peraturan baru mengenai kartu prabayar kalian? Berdasarkan KOMINFO (Kementerian Komunikasi dan Informatikan) mulai pada tanggal 31 Oktober 2017 akan memberlakukan peraturan Registrasi Nomor Seluler Prabayar, yaitu Registrasi Baru Nomor Perdana dan Registrasi Ulang Nomor lama. Tujuan dari pembuatan peraturan ini sendiri adalah untuk memberikan perlindungan kepada pelanggan yang menggunakan jasa telekomunikasi di Indonesia.

Cara Registrasi Ulang Nomor Kartu Prabayar

Cara Registrasi Ulang Nomor Kartu Prabayar

Peraturan yang berlaku mulai dari tanggal 31 Oktober 2017 diharapkan dapat dilakukan oleh setiap masyarakat khususnya para pengguna kartu  prabayar. Batas Registrasi Nomor Seluler Prabayar ini akan dibatasi hingga tanggal 28 Februari 2018. Apabila melebihi dari tanggal yang telah ditetapkan oleh KOMINFO, maka secara terpaksa kartu prabayar kalian akan dinonaktifkan (tidak dapat SMS & telepon) sementara hingga kalian melakukan registrasi ulang nomor kartu prabayar kalian. Namun, apabila keterlambatan registrasi ulang kartu prabayar melebihi 15 hari setelah tanggal yang ditetapkannya (28 Februari 2017) maka secara terpaksa kartu prabayar kalian akan diblokir secara total (permanen).

1. Registrasi Ulang Via Website

Salah satu cara untuk melakukan registrasi ulang nomor kartu prabayar kalian, yaitu dengan melalui website. Caranya mudah kok teman-teman, kaliasn hanya perlu mengunjungi salah satu link dibawah ini sesuai dengan provider yang kalian gunakan saat ini. Berikut adalah contoh tampilan website pada provider Tri :

Cara Registrasi Ulang Nomor Kartu Prabayar Via Website

Kalian juga dapat meregistrasi kartu baru kalian melalui website. Data atau dokumen yang kalian perlukan adalah NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan Nomor KK (Kartu Keluarga).

Contoh tampilan untuk Registrasi Ulang via Website :

Registrasi Ulang

Contoh tampilan untuk Registrasi Calon Pelanggan via Website :

Registrasi Calon Pelanggan

Link website untuk Registrasi Ulang Nomor Kartu Prabayar :

  1. TELKOMSEL : Here
  2. INDOSAT : Here
  3. XL : Here
  4. TRI : Here
  5. SMARTFREN : Here

2. Registrasi Ulang Via SMS

Cara alternatif lainnya, yaitu dengan melalui SMS. Cara yang satu ini cukup mudah kok teman-teman, kalian hanya perlu mengirimkan format SMS tertentu untuk dapat melakukan registrasi ulang via SMS. Apabila kalian menggunakan cara ini, pastikan kalian menggunakan kartu prabayar yang hendak kalian registrasi-kan (jangan menggunakan kartu yang telah ter-registrasi). Karena nomor kartu prabayar yang akan kalian registrasi adalah nomor kartu prabayar yang melakukan pengiriman SMS tersebut.

Format Registrasi Baru Nomor Perdana :

  1. TELKOMSEL : RegNIK#NomorKK#
  2. INDOSAT : NIK#NomorKK#
  3. XL : Daftar#NIK#NomorKK
  4. TRI : NIK#NomorKK#
  5. SMARTFREN : NIK#NomorKK#

Format Registrasi Ulang Nomor Perdana :

  1. TELKOMSEL : ULANG<spasi>NIK#NomorKK#
  2. INDOSAT :  ULANG#NIK#NomorKK#
  3. XL : ULANG#NIK#NomorKK
  4. TRI : ULANG#NIK#NomorKK#
  5. SMARTFREN : ULANG#NIK#NomorKK#

Lalu kirimkan pesan tersebut ke 4444

Setelah kalian mengirimkan format SMS tersebut, kalian hanya perlu menunggu proses registrasi nomor kartu prabayar kalian. Apabila tidak terjadi kesalahan (valid), maka kalian akan mendapatkan SMS balasan dari 4444 seperti berikut :SMS Balasan dari 4444 - Registrasi Ulang Nomor Kartu Prabayar

 

Oke teman-teman, itu adalah beberapa cara untuk dapat melakukan Registrasi Ulang Nomor Kartu Prabayar kalian. Kalian dapat melakukannya baik via Website maupun SMS sesuai dengan provider yang kalian pilih. Pastikan juga data yang dikirimkan untuk registrasi tersebut benar/valid sesuai dengan data kalian masing-masing.

Baca juga : Kamu Sering Ketinggalan Barang? Wajib Gunakan TrackR

 

Tinggalkan Balasan