CSS Basic - Pendahuluan (Editing)

CSS Basic – Pendahuluan

      Tak ada komentar pada CSS Basic – Pendahuluan

CSSCascading Style Sheet ) adalah salah satu bagian penting dalam merancang sebuah website. Jika diibaratkan, CSS seperti sebuah perabotan didalam rumah. CSS sering digunakan untuk mengontrol bagian dokumen web secara sederhana dan mudah. Seperti namanya yang mengandung kata style, begitu juga fungsinya didalam website yaitu memberikan style pada website tersebut.

Pengertian mendasar dari CSS adalah bahasa desain sederhana yang dimaksudkan untuk mempermudah proses pembuatan halaman web yang layak. CSS memberikan tampilan dan nuansa pada keseluruhan website. Dengan menggunakan CSS, kamu dapat mengontrol warna teks, gaya font, jarak antara paragraf, garis tepi, latar belakang, tata letak, variasi tampilan untuk beberapa perangkat, dan ukuran layar website.

Memang benar, CSS sangat mudah untuk dipahami dan dimengerti. Namun, CSS memberikan kontrol yang kuat atas penyajian dokumen HTML. Paling umum terjadi, CSS dikombinasikan dengan bahasa markup HTML dan XHTML.

Pelajari juga: Cara Membuat Form Login Pada Website

Keuntungan Dari CSS

  1. Halaman Memuat Lebih Cepat – Jika kamu menggunakan CSS, kamu tidak perlu menulis atribut tag HTML setiap saat. Kamu cukup tulis satu konfigurasi dari CSS terhadap sebuah tag dan terapkan ke semua tag tersebut.
  2. Pemeliharaan Yang Mudah – Kamu tidak perlu repot lagi dalam mengubah style web secara menyeluruh, karena kamu cukup ubah style css pada tiap-tiap elemen yang ingin diganti.
  3. Menghemat Waktu – Kamu dapat menulis CSS sekali dan kemudian menggunakan kembali lembar yang sama dibeberapa halaman HTML. Kamu dapat menggunakan style di semua konten HTML tanpa harus membuat style pada webnya lagi.
  4. Standar Web Global – Sekarang atribut HTML sudah tidak digunakan lagi dan disarankan untuk menggunakan CSS. Langkah yang bagus untuk mempelajari CSS lebih dalam yang menunjak web kamu dimasa depan.
  5. Style Supperior Untuk HTML – CSS memiliki atribute yang jauh lebih luas dari HTML, jadi kamu bisa memberikan tampilan jauh lebih baik ke halaman HTML kamu dibandingkan dengan atribut HTML.
  6. Kompatibilitas Perangkat – Lembar style CSS memungkinkan konten dioptimalkan untuk lebih dari satu perangkat yang digunakan.
  7. Browsing Offline – CSS dapat menyimpan aplikasi web secara lokal dengan bantuan offline catche. Cache juga memastikan pemuatan lebih cepat dan kinerja keseluruhan situs web yang lebih baik.

Hal Yang Harus Dibiasakan Sebelum Membuat CSS

Disini Bier Pinter akan memberikan tutorial CSS  Basic yang mencakup semua versi CSS dan memberikan pemahaman CSS yang lengkap dan mudah dipahami mulai dari yang mendasar hingga konsep lanjutan. Tutorial ini akan membantu baik siswa maupun profesional yang ingin belajar membuat sebuah website, blog pribadi, ataupun untuk commercial.

Watch on Youtube: Cara Membuat Tic Tac Toe di Visual Studio 2017

Hal-hal yang harus kamu biasakan sebelum membuat program CSS:

  1. Pengolah kata dasar menggunakan editor teks.
  2. Cara membuat direktori dan file.
  3. Cara menavigasi melalui direktori yang berbeda.
  4. Penjelajahan internet menggunakan browser populer seperti Internet Explorer, Firefox ataupun Google Chrome.
  5. Mengembangkan halaman web sederhana menggunakan HTML atau XHTML.

Tinggalkan Balasan