Perbedaan Frame, Keyframe, Dan Blank Keyframe

Perbedaan Frame, Keyframe, Dan Blank Keyframe

Perbedaan Frame, Keyframe, Dan Blank Keyframe – Halo sobat Bierpinter. Tahukah kalian apa Perbedaan dari Frame, Keyframe, dan Blank Keyframe pada Adobe Flash? Pertanyaan ini sangatlah sering ditanyakan oleh beberapa orang. Oke, pada artikel kali ini saya akan membahasnya secara detail dan rinci agar kalian dapat lebih mengerti lagi dalam membedakannya. Frame, Keyframe dan Blank Keyframe merupakan beberapa komponen penting di dalam “Animation Frames“. Dimana animation frames merupakan tempat kita memasukkan frame animasi kita agar dapat berjalan menjadi suatu animasi. Nah, penasarankan apa bedanya? Tetap terus lanjutin baca artikelnya yah guys 😀

Perbedaan Frame, Keyframe, Dan Blank Keyframe

1. Frame

Frame di Adobe FlashFrame : merupakan satuan terkecil di dalam animasi flash. Frame diumpamakan seperti kertas HVS yang telah digambar. Apabila frame kita perpanjang sebesar 10 frame, maka diumpamakan seperti 10 HVS dengan gambar yang sama. Sedangkan apabila kita merubah gambar salah satu frame, maka frame yang lain akan mengikuti perubahan dari gambar tersebut. Karena frame tidak dapat berdiri sendiri. Frame ini sering digunakan untuk suatu gambar yang tidak diubah-ubah perubahannya, seperti : Background.

2. Keyframe

Keyframe di Adobe Flash

Keyframe : merupakan suatu frame kunci yang dapat berdisi sendiri. Kebalikan dari Frame, apabila kita tambahkan sebanyak 10 keyframe. Dan apabila salah satu keyframe kita ubah gambarnya, maka gambar tersebut tidak akan mempengaruhi gambar-gambar dikeyframe yang lainnya. Karena keyframe ini dapat berdiri sendiri tidak seperti Frame. Keyframe ini sering digunakan untuk suatu gambar atau objek yang ingin kita gerakkan, seperti : Objek bola, mobil, sepeda, dan objek inti lainnya.

3. Blank Keyframe

Blank Keyframe pada Adobe Flash

Blank keyframe : merupakan suatu keyframe yang tidak memiliki gambar atau objek didalamnya. Keyframe ini tidak memiliki gambar atau kosong, namun tidak mempengaruhi keyframe-keyframe yang lainnya. Karena dapat berdiri sendiri. Blank keyframe ini seperti suatu kertas HVS yang kosong atau polos. Blank keyframe ini sering digunakan untuk suatu adegan atau kondisi dimana animasi tersebut tidak memerlukan suatu gambar atau objek, seperti : Kondisi dimana objek tersebut hilang atau lenyap.

Nah, itu adalah Perbedaan dari Frame, Keyframe, dan Blank Keyframe didalam Adobe Flash guys. Sudah tahukan apa bedanya? 3 Komponen utama di dalam Animation Frames ini sangatlah penting loh teman-teman. Dimana frame-frame inilah yang akan kalian gunakan pada saat membuat animasi kalian. So, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat yah buat kalian semua. Sekian dari saya… Salam IT ^_^

Baca juga : Belajar Dasar-Dasar dari Adobe Flash (Introduction)