Now Reading
Cara Mengatasi File Yang Tidak Bisa di Copy Ke Flashdisk
Sangat Bernilai
1
Hal-hal yang sering menyebabkan kita gagal mengirimkan file ke dalam Flashdisk beserta solusinya. Faktor-faktor kegagalan tersebut banyak, mulai dari storage (kapasitas), jenis file system, dan juga karena flashdisk bervirus.

Cara Mengatasi File Yang Tidak Bisa di Copy Ke Flashdisk – Halo teman-teman sekalian. Pernahkah kalian gagal meng-copy file ke dalam flashdisk? Banyak lohh faktor yang menyebabkan kegagalan tersebut. Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai Cara Mengatasi File Yang Tidak Bisa di Copy Ke Flashdisk. Pada umumnya, kita harus mengetahui terlebih dahulu spesifikasi dari flashdisk kita, mulai dari ukuran storage (kapasitas), file system (FAT32, NTFS, exFAT). Penasarankan bagaimana caranya? So, tetep lanjutin baca artikelnya ya teman-teman 😀

Cara Mengatasi File Yang Tidak Bisa di Copy Ke Flashdisk

Pada umumnya banyak sekali faktor yang menyebabkan kegagalan meng-copy file ke dalam flashdisk. Berikut adalah faktor-faktor kegagalan tersebut beserta dengan solusinya :

1. Kapasitas Terlalu Kecil

Kapasitas yang tidak memadai merupakan faktor yang paling sering terjadi dalam kegagalan mengtransfer atau meng-copy file ke dalam flashdisk. Ukuran storage atau kapasitas dari flashdisk kalian pun tidak sepenuhnya dapat kalian gunakan. Misalnya jika kalian memiliki flashdisk 8 GB, maka kalian tidak bisa menggunakan memory sebesar 8 GB. Mengapa? Karena di dalam flashdisk kalian terdapat sistem yang harus di simpan sebagai alat penyimpanan. Biasanya sebesar 10-20% dari storage memory flashdisk kalian.

Solusinya :

  • Pilihlah flashdisk dengan ukuran kapasitas yang cukup tinggi. Sekitar 8 GB hingga 128 GB.
  • File yang ingin kalian copy ke dalam flashdisk bisa kalian compress dahulu dengan bantuan beberapa tools pengecil ukuran file (tergantung pada jenis file atau extensionnya sendiri).
  • Pilihlah file yang penting saja. Sehingga akan lebih memakan memory yang kecil untuk dimasukkan ke dalam flashdisk kalian.

2. File System Salah

Format FD

Format FD

File System di dalam flashdisk digunakan untuk menentukan jenis file yang akan dimasukkan ke dalam flashdisk. File System dapat kalian temukan di dalam format flashdisk kalian sendiri. Jika file yang ingin kalian masukkan adalah file yang berbentuk .iso (disc image file), maka kalian harus menggunakan file system NTFS ataupun exFAT. Pada flashdisk umumnya, kita pasti memakai file system default, yaitu FAT32. Nah, hal inilah yang kadang kita tidak ketahui fungsinya. Terutama pada saat kita ingin memasukkan disc image file (.iso) ke dalam flashdisk kalian.

3. Flashdisk Bervirus

Flashdisk Bervirus

Flashdisk Bervirus

Tentu saja salah satu faktor yang membuat kalian gagal memasukkan file ke dalam flashdisk, yaitu karena flashdisk kalian bervirus. Contoh flashdisk kalian terkena virus adalah :

  • Tidak ada file di dalam flashdisk, namun kapasitas memory flashdisk kalian berkurang. Itu bisa disebabkan oleh virus ataupun file yang terhidden oleh virus.
  • Ukuran file seharusnya cukup dimasukkan ke dalam flashdisk, namun proses pengiriman data gagal.
  • Flashdisk sering gagal terkoneksi ke dalam komputer, baik PC, tablet maupun laptop dan bahkan ke dalam Smartphone.
  • File berhasil di masukkan ke dalam flashdisk. Namun file tersebut rusak atau broken sehingga tidak bisa dibuka.
  • File berhasil di simpan ke dalam flashdisk, namun file tersebut tidak ada.

Solusinya : Lakukanlah format flashdisk kalian ke dalam “Restore Device Default“. Janganlah memakai Quick Format. Karena “Restore Device Default” akan mengembalikan kondisi flashdisk kalian seperti semula (Kosong, tidak ada file maupun virus seperti baru beli).

Oke teman-teman. Itu adalah Cara Mengatasi File Yang Tidak Bisa di Copy Ke Flashdisk. Bagaimana teman-teman? Sangat bergunakan. Nah, jika kalian mengalami salah satu hal tersebut kalian bisa menggunakan solusi yang telah saya buat pada artikel diatas. Dan jangan lupa untuk like, comment, share, dan pilih jenis emotional kalian ya jika artikel ini memang bermanfaat bagi kalian semua. Sekian dari saya, salam IT ^_^

What's your reaction?
Luar Biasa
20%
Suka Sekali
60%
Keren
20%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT
1 Comments

Leave a Response