Pengetahuan
Now Reading
Ibu Kota Indonesia Akan Segera di Pindahkan
Sangat Bernilai
1
Ibu Kota Indonesia Akan Dipindahkan ke Kalimantan?

Ibu Kota Indonesia Akan Segera di Pindahkan – Halo teman-teman semua. Apakah kalian sudah mendengar bahwa ibu kota Indonesia akan segara di pindahkan?. Nah, pada artikel kita pada hari ini saya akan membahas mengenai Ibu Kota Indonesia Akan Segera di Pindahkan. Menurut Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegro. Pemindahan ibu kota Indonesia sudah direncanakan sejak era pemerintahan Soekarno dan Soeharto. Dan pada saat pemerintahan Jokowi saat ini lah rencana pemindahan ibu kota tersebut akan direalisasikan. Wah, menarik bukan? Terusin baca artikel yang satu ini ya teman-teman 😀

Ibu Kota Indonesia Akan Segera di Pindahkan

Ibu Kota Indonesia Akan Segera di Pindahkan

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional PPN atau Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegro. Mengakui rencana pemindahan ibu kota ini tidak lepas dari muatan politis. Oleh karena itu, rencana pemindahan ibu kota negara ini terus digodok oleh pemerintah.

Menurut Bambang dalam acara Forum Merdeka Barat di Kementerian Bappenas, Jakarata hari Rabu 10 Juli 2019. Kita ingin ibu kota baru Indonesia sentris, karena di desain dan dipilih oleh bangsa sendiri. Bambang menceritakan bahwa kota Jakarta sendiri dipilih sebagai ibu kota Indonesia karena pada saat itu merupakan pilihan dari Belanda yang saat itu sedang menjajah Indonesia.

Atas dasar itu, pemerintah ingin membangun kembali ibu kota baru yang dibangun dan dipilih oleh bangsanya sendiri. Kita ingin punya ibu kota yang kita desain dan dibangun dengan kemampuan kita sendiri.

Perencanaan Pemindahan Ibu Kota

Ibu Kota Indonesia Akan Segera di Pindahkan

Bambang pun menambahkan nantinya ibu kota baru akan dibangun di wilayah yang benar-benar baru. Mengenai lahan, kita ingin ibu kota yang baru ini dibangun dari 0 dan dapat menjadi kota yang ideal. Sehingga desainnya akan membutuhkan lahan yang luas.

Dan kita ingin pertumbuhan kotanya dapat terkendali, menurut Bambang. Sebelumnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasioanl PPN atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bappenas, Bambang Brodjonegoro. Mengakui bahwa rencana pemindahan ibu kota Jakarta bukanlah sesuatu yang baru. Karena rencana ini sudah dilakukan oleh pemerintahan sebelumnya.

Rencana Pemindahan Ibu Kota Sudah Ada Sejak Dahulu

Ibu Kota Indonesia Akan Segera di Pindahkan

Bambang mengatakan bahwa sejak era Presiden Soekarno dan Soeharto, rencana pemindahan ibu kota sudah direncanakan. Namun karena banyak pertimbangan mengenai hal lainnya, rencan ini tidak pernah terealisasikan. Kata Bambang dalam acara forum Merdeka Barat di Kementerian Bappenas, Jakarta hari Rabu 10 Juli 2019.

Meskipun wacana sudah diangkat sejak era presiden Soekarno tahun 1947 dan Soeharto tahun 1980-an. Tapi pada kesempatan ini, Presiden Jokowi tidak ingin berhenti di wacana tersebut melainkan akan mewujudkan pemindahan ibu kota ini. Bambang mengatakan bahwa pemerintah sendiri saat ini tengah belajar dari beberapa negara yang berhasil memindahkan lokasi ibu kotanya, salah satunya adalah negara Brazil.

Contoh Negara Lain Yang Melakukan Pemindahan Ibu Kota

Contoh Negara Lain Yang Melakukan Pemindahan Ibu Kota

Menurutnya, banyak yang mengira kalau ibu kota Brazil adalah Rio de Janeiro. Padahal, ibu kota ini sudah resmi dipindahkan sejak tahun 1960 ke Brasilia. Kita senang sekali bisa belajar dari negara yang mempunyai banyak kesamaan, walaupun wilayahnya jauh seperti negara Brazil, kata Bambang.

Bambang menyebutkan walau meski banyak negara-negara lain yang berhasil memindahkan ibu kotanya, seperti Pakistan, Nigeria, Australia, dan Malaysia. Namun Brazil lah yang mempunyai kemiripan negara paling cocok dengan Indonesia. Kita sama-sama negara G20 dan juga secara ekonomi termasuk negara berkembang.

Dimana akan berpotensi masuk top 10 ekonomi dengan PDB terbesar. Memiliki wilayah yang besar, namun negara Brazil sifatnya continent dan kita kepulauan. Pemerintah akan memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke wilayah lain di luar Jawa. Salah satu lokasi yang dianggap paling berpotensi menggantikan ibu kota ini adalah daerah Kalimantan.

Okay teman-teman, itu adalah artikel kita hari ini yang membahas mengenai Ibu Kota Indonesia Akan Segera di Pindahkan. Wah ternyata ibu kota Jakarta selama ini merupakan ibu kota yang dipilih oleh negara Belanda. Apakah kalian setuju ibu kota Indonesia akan dipindahkan? Tuliskan pesan dan kesan kalian pada kolom komentar yah. Terima kasih 😀

What's your reaction?
Luar Biasa
75%
Suka Sekali
25%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT
1 Comments

Leave a Response