Intermezzo
Now Reading
Kenapa Tangan Jadi Keriput Kalau Kena Air?
Terbaik
0
Ternyata ada alasannya loh mengapa tangan kita menjadi keriput jika terkena air lama-lama. Semua itu dapat dijelaskan secara biologis, yaitu karena adanya proses Osmosis.

Kenapa Tangan Jadi Keriput Kalau Kena Air? – Halo sobat sekalian. Siapa disini yang tangannya pernah jadi keriput jika terkena air lama-lama? Pasti kalian pernah mengalaminya bukan?. Tapi, apakah kalian tahu kenapa tangan kalian bisa jadi keriput jika terlalu lama terkena air?. Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai Kenapa Tangan Jadi Keriput Kalau Kena Air?. Mengapa sih bisa jadi seperti itu? Sebetulnya semua itu ada alasannya lohh, terutama secara biologis. Penasarankan? So, jangan kemana-mana ya terusin baca artikelnya ya teman-teman 😀

Kenapa Tangan Jadi Keriput Kalau Kena Air?

Kenapa Tangan Jadi Keriput Kalau Kena Air?

Contoh Tangan Keriput

Siapa sih yang tangannya tidak menjadi keriput jika terkena air lama-lama? Pasti semuanya akan keriput ya teman-teman. Tapi apakah kalian tahu kenapa tangan kita bisa menjadi keriput jika terkena air lama-lama?. Salah satu alasan mengapa tangan kita menjadi keriput saat terkena air lama-lama adalah karena adanya proses Osmosis. Osmosis merupakan suatu proses perpindahan air atau mineral melalui membran permeabel selektif dari bagian yang konsentrasinya lebih kecil (encer) ke bagian yang konsentrasinya lebih tinggi (pekat).

Nah, jika kita terkena air lama-lama. Air atau mineral yang ada di dalam tangan atau bagian lain kita yang terkena air akan berpindah ke dalam air tersebut. Itulah sebabnya mengapa air yang sering kita sentuh sering kali berubah warna atau menjadi kotor. Mengapa itu bisa terjadi? Karena kandung pada air yang kita sentuh konsentrasi-nya lebih tinggi dibandingkan dengan air yang ada pada tubuh kita. Konsentrasi itu bisa ditentukan dari kadar garam, kepadatan air, maupun jumlah kandungan mineral yang ada di dalamnya. Khususnya air yang ada di lautan, pasti memiliki konsentrasi yang sangat tinggi. Itulah sebabnya mengapa tangan kita menjadi keriput dengan sangat cepat karena ada kandungan garam di dalam air laut tersebut.

Dampak

Jika tangan kalian menjadi keriput sebenarnya hanya terdapat dampak yang ringan, yaitu kehilangan kandungan air dan mineral di dalam tubuh kita (tangan). Kita akan menjadi kehausan, dan sering lelah. Dampak yang paling parah, yaitu terkena dehidrasi (kekurangan cairan tubuh). Dampak ini mungkin sepele, namun tetap berbahaya ya teman-teman. Cobalah untuk tidak berlama-lama di dalam air, karena kamu akan kehilangan kandungan air di dalam tubuhmu yang akan membuat tubuhmu menjadi lelah.

Nah, itulah alasan Kenapa Tangan Jadi Keriput Kalau Kena Air?. Sekarang kalian tahu kan mengapa tangan kita bisa menjadi keriput? Semua itu karena adanya proses Osmosis. Osmosis merupakan salah satu proses yang ada di dalam ilmu Biologi yang sering terjadi di dalam kehidupan kita sehari-hari. Semoga artikel ini dapat bermanfaat ya bagi kalian semua, jangan lupa untuk like, share, comment, dan pilih jenis emotional terhadap artikel ini ya sobat. Sekian dari saya, salam IT ^_^

What's your reaction?
Luar Biasa
17%
Suka Sekali
33%
Keren
33%
Kagum
17%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT

Leave a Response