Now Reading
12 Tips Pola Hidup Sehat Mencegah Penyakit Kanker
3

12 Tips Pola Hidup Sehat Mencegah Penyakit Kanker, hallo Sahabat BierPinter.com, pola hidup zaman sekarang cenderung merusak diri. Orang hanya mengejar karier, jabatan dan segala impiannya tanpa memperdulikan arti kesehatan. Bahkan ada juga kebiasaan yang lambat laun memicu tubuhnya terkena penyakit kanker ini. Meskipun begitu sudah banyak juga orang yang menerapkan perilaku hidup sehat untuk pencegahannya.

Agar sel kanker tidak berkembang di dalam tubuh kita, maka aturlah pola hidup kita sehari hari. Pola hidup sehat yang dianjurkan untuk mencegah penyakit kanker, memang tidak semua tips ini 100% akan menghindarkan anda dari kanker , tetapi dengan kita hidup denganpola hidup yang sehat maka resiko juga akan berkurang.

Berikut 12 Tips Pola Hidup Sehat Mencegah Penyakit Kanker

1. Saringlah  air dirumah dengan  memberi filter pada air keran di rumah, maka Anda akan mengurangi risiko terpapar bahan kimia yang diketahui atau diduga mengandung karsinogen dan bahan kimia pengganggu hormon lainnya. Simpan air dalam wadah berbahan stainless steel atau kaca untuk menghindari kontaminan kimia seperti BPA yang bisa didapatkan dari botol plastik.

tips terhindar dari kanker

2. Cucilah dengan bersih buah sayuran atau makanan lain sampai bersih. Gunakan antiseptik agar makanan terbebas dari zat pencemaran lingkungan, janganlah memakan buah secara langsung tanpa anda mencuci terlebih  dahulu buah yang anda beli tersebut, baik dari super market, dll.

tips terhindar dari kanker

3. Jaga keadaan tubuh jangan sampai berat badan berlebih/kegemukan, untuk mengeceknya berat badan sebaiknya setiap seminggu sekali di timbang. Berat badan harus dihindari, karna di dalam tubuh yang gemuk resiko terjadinya kanker lebih besar dibandingkan keadaan tubuh normal. Biasanya kanker menyerang payudara, rahim, usus besar, lambung, ginjal, serta kandungan empedu.

tips terhindar dari kanker

4. Seringlah meminum air putih, minum banyak air dan cairan lain bisa mengurangi risiko kanker kandung kemih dengan cara mengencerkan konsentrasi agen penyebab kanker dalam urin dan membantu mengeluarkannya lebih cepat. Menurut American Cancer Society, minumlah air minimal 8 gelas sehari.

tips terhindar dari kanker

5. Rajinlah makan makanan yang mengandung serat seperti sayuran hijau, buah buahan dan makanan yang mengandung biji bijian misalnya tahu dan tempe.

6. Jika anda penyuka makanan gorengan sebaiknya kurangi jangan terlalu banyak. Kurangi makanan yang mengandung protein dan berlemak, selain itu kurangi juga mengkonsumsi jerohan.

tips terhindar dari kanker

7. Kurangi penggunaan ponsel ,gunakan ponsel anda dengan waktu yang cukup, jangan berlebihan dalam penggunaan ponsel, karena pancaran frekuensi radio yang terlalu sering di kepala anda, bisa membahayakan. Terutama disaat anda tidur jauhkanlah smartphone anda.

8. Makanlah lebih banyak makanan yang direbus, kurangi makanan yang diolah dengan suhu tinggi dan memakan waktu lama karena makanan yang diolah seperti itu akan menimbulkan prokarsinogen. Sayur rebus, ikan rebus, itu lebih alami.

tips terhindar dari kanker

9.Tinggalkan kebiasaan merokok dan minum minuman yang mengandung alkohol.

10 .Olahragalah secara teratur dan hindari stres serta pikiran kacau.

 11. Makanlah makanan yang segar. Pemanis buatan, pewarna makanan, dan juga zat pengawet sebaiknya di perhitungkan cara penggunaannya agar nyaman untuk dikonsumsi.

12. Minum kopi setiap hari, orang yang minum kopi berkafein 5 cangkir atau lebih dalam sehari memiliki penurunan risiko kanker otak sebesar 40 persen seperti dikutip dari sebuah studi di Inggris pada 2010. Kebiasaan minum kopi 5 cangkir perhari ini mengurangi risiko kanker  tenggorokan dan mulut.

tips terhindar dari kanker

 

BierPinter baca juga  7 Cara Merawat Ikan Pada Akuarium Agar Tidak Gampang Mati

What's your reaction?
Luar Biasa
33%
Suka Sekali
33%
Keren
33%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
MirhanSyahputra
3 Comments

Leave a Response