Now Reading
6 Tipe Utama Pada Sistem Informasi (SI)
0

6 Tipe Utama Pada Sistem Informasi  – Halo teman-teman sekalian, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai 6 Tipe Utama di dalam Sistem Informasi . Apa sih Sistem Informasi Manajemen itu? Sistem Informasi (SI) adalah suatu sistem yang merancang seluruh sumber daya, baik itu manusia, dokumen, teknologi, maupun prosedur. SI ini berfungsi untuk menganalisa sistem informasi pada suatu aktivitas operasional suatu organisasi maupun perusahaan. Di dalam SI ini pun terdapat 6 Tipe Utama di dalamnya, yaitu :

6 Tipe Utama Pada Sistem Informasi

6 Tipe Utama Sistem Informasi

A. Sistem Informasi untuk Opersi Bisnis

1. Transaction Processing Systems (TPS)

Transaction Processing Systems (TPS) berfungsi untuk mencatat dan memproses data hasil dari transaksi bisnis, seperti penjualan, pembelian, dan perubahan persediaan. TPS menghasilkan berbagai informasi produk untuk penggunaan internal maupun eksternal. Sebagai contoh, TPS membuat pernyataan konsumen, cek gaji karyawan, kuitansi penjualan, order pembelian, formulir pajak dan rekening keuangan. TPS juga memperbaharui database yang digunakan perusahaan untuk diproses lebih lanjut oleh sistem informasi. Book order juga termasuk TPS, karena di dalamnya terdapat pengumpulan informasi dari user seperti penentuan lokasi awal dan tujuan, dan form lainnya.

2. Process Control Systems (PCS)

Process Control Systems (PCS) merupakan karakteristik dari sistem informasi yang menjaga proses kegiatan bisnis. Kegiatan bisnis yang berjalan harus seusai prosedur dan harus disesuaikan dengan langkah-langkah yang telah ditetapkan dari awal prosedur.

3. Enterprise Collaboration System (ECS)

Enterprise Collaboration System (ECS) adalah sistem informasi lintas fungsional untuk meningkatkan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi diantara anggota dari operasi bisnis. Sistem ini juga digunakan untuk keperluan koordinasi dan pertukaran informasi di internal perusahaan maupun dengan customer.

B.  Sistem Informasi untuk Pengambilan Keputusan Manajemen

1. Management Information Systems (MIS)

Management Information Systems (MIS) menyediakan laporan informasi bagi pihak manajemen. MIS dihasilkan dari data yang dihimpun dari operasi bisnis. MIS pun menyajikan informasi yang detail dan rangkuman informasi pilihan lainnya. Pada intinya MIS berguna untuk efisiensi operasional suatu sistem.

2. Decision Support Systems (DSS)

Decision Support Systems (DDS) merupakan langkah selanjutnya dari MIS dan TPS. DSS ini adalah sistem informasi yang menggunakan model keputusan dan data khusus untuk membantu dalam proses pengambilan keputusan bagi manajemen. DDS ini cukup berguna untuk mendukung pihak manajemen dalam memecahkan masalah tertentu dengan cepat.

3. Executive Information Systems (EIS)

Executive Information Systems (EIS) adalah tipe sistem informasi yang sesuai untuk kebutuhan informasi bagi manajemen eksekutif. Tujuannya menyediakan akses dengan mudah dan cepat, tentang informasi selektif mengenai faktor-faktor kunci dalam menjalankan tujuan strategis perusahaan bagi manajemen eksekutif. Kemudian memberikan kebijakan perusahaan secara umum atau kebijakan yang diperuntutkan pada level di bawah, yang kemudian akan di terjemahkan lebih spesifik oleh level di bawahnya di dalam sistem informasi.

Nah, itu adalah 6 Tipe Utama Pada Sistem Informasi. Kalian dapat menentukan kalian termasuk pada tipe yang mana. Di dalam suatu sistem informasi, tipe-tipe ini-lah yang sangat penting dapat menentukan posisi kalian di dalam suatu organisasi atau pun perusahaan. Setiap tipe sistem informasi memiliki kegunaannya tersendiri dan tanggung jawabnya masing-masing. Oke sekian dari saya… Salam IT ^_^

Baca juga : Top 10 Youtube Channel di Indonesia Pada November 2017

What's your reaction?
Luar Biasa
0%
Suka Sekali
0%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT

Leave a Response