Perbedaan file

Apa sih Perbedaan file .doc dengan .docx?

Apa sih Perbedaan file .doc dengan .docx? – Halo teman-teman sekalian, pada kali ini saya akan membahas mengenai dua buah format yang mungkin dapat dikatakan mirip tapi beda. Nah hayo gimana tuh? Pasti kalian pernah mengenal kan file .doc dan .docx itu? Namun, apa sih yang membedakannya? Padahal kedua extensi ini sama-sama bersumber dari satu aplikasi loh, yaitu Microsoft Word. Penasaran? Tetap lanjutin bacanya yah XD

Perbedaan file .doc dengan .docx

Perbedaan file .doc dengan .docx hanya perbeda pada versi nya saja. File .doc dan .docx merupakan suatu format penyimpanan dari aplikasi Microsoft Word. Dimana file berextensi .doc merupakan format penyimpanan pada versi aplikasi yang lama. Sedangkan file berextensi .docx merupakan format penyimpanan pada versi barunya.

File berextensi .doc biasanya dipakai pada Microsoft Word versi lama hingga pada versi Microsoft Word 2003. Namun mulai pada tahun 2007, aplikasi Microsoft Word tersebut berubah nama menjadi Microsoft Office Word. Sehingga untuk membedakan versi tersebut, perusahaan Microsoft merubah extensi mereka menjadi .docx. File berextensi .docx ini mulai dipakai pada Microsoft Office Word 2007 hingga versi saat ini, yaitu Microsoft Office Word 2016 (update).

Apa sih bedanya? File berextensi .doc memiliki kapasitas memori (storage) yang cukup kecil dibandingakan dengan file yang berextensi .docx . Karena fitur yang lebih banyak dan komplit dibandingkan pada versi sebelumnya, file .docx ini akan lebih meminta banyak ruang penyimpanan. Namun, file berextensi .docx ini tidak dapat dibuka pada Microsoft Word versi lama, yaitu (file berextensi .doc). Tapi, file yang berextensi .doc dapat dibuka pada versi yang terbaru, yaitu Microsoft Office Word (.docx).

 

Nah, itu merupakan perbedaan dari file berextensi .doc dan .docx . Pada umumnya, mereka semua merupakan format dari sumber aplikasi yang sama, yaitu Microsoft Word. Namun karena adanya versi baru dari aplikasi tersebut, maka muncul-lah extensi yang baru juga yaitu .docx. Extensi ini diciptakan antara lain sebagai pembanding versi dokumen yang akan disimpan pada komputer kita. Nah, bagus bukan? Tetap kunjungi artikel kami yang lainnya yah… Sekian dari saya, Salam IT ^_^

Baca juga : 6 Tipe Utama Pada Sistem Informasi (SI)