Belajar ArrayList di Java Netbeans

Belajar ArrayList di Java Netbeans

Belajar ArrayList di Java Netbeans – Halo teman-teman, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai ArrayList di Java Netbeans. Ada yang pernah dengan kata “ArrayList ini? Untuk para programmers pastinya tidak asing lagi yah mendengar kata ini. ArrayList ini sangat sering digunakan untuk media penyimpanan data dan pemetaan data yang mudah. Namun, bagaimana sih cara menggunakan ArrayList tersebut? Berikut adalah penjelasan-penjelasan mengenai ArrayList di Java Netbeans.

Pengertian ArrayList

Apa sih ArrayList itu? ArrayList merupakan suatu collection pada java library yang termasuk pada Java Util. ArrayList ini sangat sering digunakan oleh para developer untuk menyimpan dan memetakan data. ArrayList tidak sama dengan Array yang biasanya, ArrayList memiliki sejumlah operasi yang lebih lengkap dan mudah digunakan dibandingan dengan Array yang biasanya. Kelebihan dari ArrayList ini adalah dapat menambahkan data baru secara sistematis tanpa harus menentukan ukurannya terlebih dahulu. Sehingga data yang disimpan akan sesuai dengan jumlah ukurannya, sehingga tidak membuang-buang banyak ruang (memori) yang kosong.

Mengimport ArrayList

Untuk memanggil collection ArrayList ini, kalian dapat memanggilnya di dalam package kalian dengan memasukkan koding seperti ini :

Menginisialisasi ArrayList

Untuk membuat atau menginisialisasi suatu ArrayList, kalian dapat membuatnya dengan cara seperti ini :

Menambahkan Data Baru pada ArrayList

Untuk menambahkan data baru pada ArrayList kalian, kalian dapat memasukkan data tersebut dengan cara memanggil method “.add” pada program kalian. Dengan memanggil method tersebut, data akan tersimpan secara sistematis di dalam ArrayList. Maksud dari sistematis tersebut adalah, jika kalian memasukkan data pertama nya 1, maka data 1 tersebut akan disimpan pada index ke-0 (karena index ArrayList dimulai dari angka 0) dan seterusnya. Berikut adalah contoh kodingnya :

Memanggil Data dari ArrayList

Setelah menambahkan datanya pada ArrayList, lalu bagaimana cara memanggil datanya? Caranya mudah kok teman-teman, kalian hanya perlu memanggil method “.get” pada variabel ArrayList kalian. Jangan lupa untuk memasukkan nomor index data yang ingin kalian panggil. Karena ArrayList ini menggunakan index dalam penyimpanan datanya, maka kita harus memasukkan nomor indexnya terlebih dahulu. Berikut adalah contoh kodingnya :

Contoh Pengaplikasian ArrayList dengan Menggunakan Perulangan (for)

Oke teman-teman, itu adalah pengenalan mengenai ArrayList. Karena kita baru Belajar ArrayList di Java Netbeans, maka pada artikel kali ini saya hanya membahas mengenai dasar-dasar dari ArrayList saja. Mulai dari cara Mengimport, Menyimpan, hingga cara Memanggilnya. Untuk pembelajaran mengenai ArrayList selanjutnya, tetap nantikan pada artikel selanjutnya yah di website kami Bierpinter ^_^ . Jika ada hal yang ingin ditanyakan, kalian dapat memasukkannya di dalam form komentar di bawah ini. Sekian dari saya… Salam IT ^_^

Baca juga : Cara Membuat Tabs pada Netbeans (Java)