Pemrograman
Now Reading
Belajar Stroking dan Fill di Dalam Netbeans Part 2
Terbaik
1
Belajar Stroking dan Fill di Dalam Netbeans Part 2. Belajar mewarnai objek geometri, mulai dengan warna solid, gradasi warna, dengan contoh kodingnya.

Belajar Stroking dan Fill di Dalam Netbeans Part 2 – Halo sobat Bierpinter. Pada artikel kali ini saya akan meneruskan pembelajaran kita mengenai Stroking dan Fill di dalam Netbeans. Ini merupakan artikel pembelajaran terusan dari artikel yang sebelumnya. Apabila kemarin kita sudah belajar tentang Stroking, sekarang kita akan masuk ke dalam pembelajaran Filling. Stroking dan Fillmerupakan salah satu dasar dari Grafika Komputer di dalam Netbeans. Penasarankan apa itu Filling di dalam Netbeans? Terusin baca artikelnya ya sobat ūüėÄ

Belajar Stroking dan Fill di Dalam Netbeans Part 2

Filling merupakan suatu proses mengisi atau mewarnai objek geometri dengan warna yang solid, gradasi, ataupun dengan warna tekstur. Pada objek Graphics2D, proses filling dilakukan dengan memanggil method fill(). Sedangkan attribut paint dapat diganti dengan memanggil method setPaint(Paint p). Contoh class-class yang mengimplementasikan interface Paint adalah: Color, GradientPaint, dan TexturePaint.

Class Color

Color atau Warna di dalam Netbeans memiliki class tersendiri. Class Color ini digunakan untuk mendefinisikan warna solid. Class Graphics memiliki method setColor(c) yang berguna untuk mengganti warna pena dan isian. Method ini identik dengan setPaint(c).

Class
GradientPaint

Class GradientPaint

Contoh GradientPaint 1

Class GradientPaint2

Contoh GradientPaint 1

 

 

 

 

 

 

 

GradientPaint merupakan suatu class yang dapat mencampurkan warna solid sehingga dapat menghasilkan degradasi warna. Class GradientPaint dapat mendefinisikan warna gradasi berdasarkan empat atribut, yaitu:

  • ¬≠Koordinat awal
  • ¬≠Warna awal
  • ¬≠Koordinat akhir
  • ¬≠Warna akhir
Belajar Stroking dan Fill di Dalam Netbeans Part 2

Hasil Akhir GradientPaint

Contoh Koding

Untuk membuat class GradientPaint ini, kalian bisa menggunakan beberapa method yang ada di dalamnya. Berikut adalah contoh koding yang dapat kalian gunakan untuk mengimplementasikan class GradientPaint ini:

GeneralPath myShape = new GeneralPath();
myShape.moveTo(200,200);
myShape.curveTo(300,100,500,300,600,200);
myShape.lineTo(600,400);
myShape.curveTo(500,500,300,300,200,400);
myShape.closePath();

float arrDash[] = {40.0f, 10.0f};
BasicStroke dashed = new BasicStroke(3.0f, BasicStroke.CAP_BUTT, BasicStroke.JOIN_MITER, 10.0f, arrDash, 0.0f);
GradientPaint redtowhite = new GradientPaint(200, 50, Color.RED, 600, 400, Color.WHITE);
g2.setStroke(dashed);
g2.setPaint(redtowhite);
g2.fill(myShape);

Oke teman-teman, itulah artikel pembelajaran mengenai Belajar Stroking dan Fill di Dalam Netbeans Part 2. Pada artikel part 2 ini, kita belajar mengenai Filling di dalam Netbeans. Mulai dari belajar mewarnai objek geometri, hingga membuat sebuah gradiasi warna di dalam objek tersebut. Nantikan juga ya part selanjutnya di website kami Bierpinter. So, jika artikel ini bermanfaat bagi kalian semua. Jangan lupa untuk like, share, comment, dan pilih jeni emotional kalian ya. Sekian dari saya, salam IT ^_^

What's your reaction?
Luar Biasa
0%
Suka Sekali
100%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT
1 Comments

Leave a Response