Cara Memasukkan Gambar di Netbeans (Load Image)

Cara Memasukkan Gambar di Netbeans (Load Image) – Halo sobat Bierpinter. Masih semangatkan belajar bahasa pemrograman java? Tentunya masih semangat dong. Nah, pada kesempatan ini saya akan membuat artikel baru nih mengenai bagaimana Cara Memasukkan Gambar di Netbeans (Load Image). Kalian pasti suka kebinggungan pada saat ingin memasukkan gambar di dalam aplikasi Netbeans. Berbeda dengan memasukkan icon di Netbeans, memasukkan gambar ini lebih secara manual dengan cara membuat method sendiri untuk memanggil gambar itu sendiri. Penasaran kan bagaimana Cara Memasukkan Gambarnya? So, terusin baca artikelnya ya teman-teman 😀

Cara Memasukkan Gambar di Netbeans (Load Image)

Pada dasarnya, untuk membuat gambar kita pasti membutuhkan suatu media yaitu kertas. Nah, di dalam Netbeans juga berlaku demikan. Kita membutuhkan suatu media penempatan gambar tersebut. Disini saya menggunakan media JPanel yang saya gunakan sebagai kertas. JPanel inilah yang nantinya akan saya masukkan method pemanggilan gambar (load Image) agar gambarnya dapat masuk ke dalam program Netbeans. Untuk memasukkan gambar di dalam Netbeans, kalian harus melakukan beberapa langkah-langkah dibawah ini :

1. Buatlah JPanel Form

Untuk membuat JPanel Form, kalian dapat meng-klik kanan pada folder project kalian. Kemudian pilih New – JPanel Form. Jika tidak ada pilih JPanel Form, kalian dapat mencarinya di Other… lalu pilihlah Categories – Swing GUI Forms. Dan carilah JPanel Form. Kalian dapat memberi nama bebas kepada JPanel Form yang akan kalian buat. Berikut adalah contoh tampilannya :

Membuat JPanel Netbeans
Cara Membuat JPanel Forms

2. Import Java Library yang Dibutuhkan

Langkah selanjutnya adalah meng-import beberapa Java Library yang kita butuhkan. Untuk memasukkan suatu gambar ke dalam Netbeans dengan menggunakan Load Image, kita membutuhkan beberapa java library. Diantaranya adalah io.File, io.IOException, image.io.ImageIO, dan lain sebagainya. Java library inilah yang nantinya memanggil gambar (load image) dengan melalui location file dari gambar kita. Kalian dapat meng-import java library ini di dalam JPanel Form yang tadi telah kalian buat sebelumnya. Berikut adalah java library yang harus kalian gunakan :

3. Membuat Method LoadImage

Langkah terakhir adalah membuat method loadImage(). Methodnya cukup sederhana kok teman-teman, disini saya hanya memakai try and catch untuk memanggil link location pada gambar kalian. Berikut adalah contoh kodingnya :

Untuk dapat menemukan location file kalian, kalian hanya perlu mengklik kanan pada gambar kalian. Lalu pilih Properties, maka disitu terdapat Location yang menujukkan dimana lokasi file kalian. Ingatlah untuk memasukkan terlebih dahulu image kalian ke dalam project Netbeans kalian. Jika tidak tau caranya, kalian dapat mengujungi artikel ini. Berikut adalah contoh tampilannya :

Image Location
Cara Melihat Lokasi Gambar (Image)

Kemudian kalian dapat memasukkan JPanel Form yang sudah ada method LoadImage() kedalam JPanel Form inti kalian. JPanel Form inti itu seperti kertas yang berisi banyak gambar yang ingin kalian buat. Caranya mudah, kalian hanya perlu meng-drag JPanel Form awal ke dalam JPanel Form inti kalian. Berikut adalah contoh hasil JPanel Form inti saya :

JPanel Form Inti
Contoh Tampilan JPanel Form Inti

Oke teman-teman, itulah Cara Memasukkan Gambar di Netbeans (Load Image). Pada artikel ini saya masih menggunakan location file yang tidak absolut. Kekurangnya, apabila kalian berganti komputer maka file locationnya harus kalian masukkan kembali. Untuk artikel selanjutnya saya akan membahas bagaimana Cara Membuat Absolute Path. Sekian dari saya, salam IT ^_^

Baca juga : Cara Menambahkan Icon di Netbeans