Cara Membatasi Jumlah Karakter di Textfield Netbeans

Cara Membatasi Jumlah Karakter di Textfield Netbeans – Halo sobat sekalian, pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana Cara Membatasi Jumlah Karakter di Textfield Netbeans. Bagaimana sih cara membuatnya? Caranya mudah kok, kalian hanya perlu menggunakan fitur KeyTyped pada Action Event yang ada pada Textfield kalian. Berikut adalah tahap-tahap untuk membuatnya :

Cara Membatasi Jumlah Karakter di Textfield Netbeans

1. Buka Events KeyTyped pada Textfield Kalian

Events merupakan suatu kejadian atau kondisi pada suatu tools yang dapat kita gunakan untuk memberikan perintah khusus pada kondisi tersebut. Events ini terdiri dari banyak macam, mulai dari tools Key, Mouse, Mouse Motion, Action dan lain sebagainya. Dimana semua event-event tersebut dapat kita gunakan untuk membuat suatu perintah khusus, terutama membuat perintah dalam membatasi jumlah Karakter pada saat penginputan data. Kalian dapat menemukan Events ini dengan cara mengklik kanan pada salah satu tools kalian. Kemudian pilih Events yang hendak kalian pilih. Pada contoh kali ini, silahkan pilih Events – Key – KeyTyped. Berikut adalah contoh tampilannya :

Events-KeyTyped

Karena kita ingin membatasi jumlah karakter yang ingin di input, maka kita pilih Events-KeyTyped yang berada pada tools Textfield. Fitur KeyTyped ini berfungsi untuk mengatur tipe key/karakter yang akan kita input ke dalam tools tersebut (Textfield).

2. Masukkan Koding Pembatasan Karakter Input

Untuk membatasi jumlah karakter yang ingin di input, kalian hanya perlu membuat suatu perintah if sederhana. Berikut adalah contoh kodingnya ;

Contoh koding diatas merupakan contoh koding yang telah saya buat. Kalian dapat me-modifikasi-nya sendiri agar sesuai dengan kehendak yang kalian inginkan. Setelah kalian memasukkan koding tersebut, kalian dapat mencoba atau menjalankan projek aplikasi kalian.

Oke teman-teman, itu adalah Cara untuk Membatasi Jumlah Karakter di Textfield Netbeans. Cara ini sangat sering digunakan oleh developer untuk membatasi panjang nya karakter yang akan diinput oleh user. Panjang atau pendeknya karakter ini biasanya berhubungan dengan data pada database yang digunakan oleh developer. Oke teman-teman semoga bermanfaat yah… Sekian dari saya, salam IT ^_^

Baca juga : Cara Membuat CRUD Insert, Select, Update, Delete